Digitalisasi Penting, tetapi Jangan Lupakan Pelatihan SDM

Kompas.com - 07/10/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era perkembangan teknologi saat ini, perusahaan-perusahaan tengah berlomba untuk melakukan digitalisasi. Bukan hanya dalam hal sistem internal perusahaan, tapi juga dalam hal memasarkan produk atau jasa.

Kendati demikian, Founder & Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya menilai, kehadiran mesin di era digitalisasi saat ini tak sepenuhnya bisa menggantikan manusia.

Menurutnya, secanggih apapun mesin beroperasi tetap tak bisa menggeserkan peran manusia. Keduanya memiliki kemampuan yang berbeda dan bisa saling berkolaborasi.

"Enggak bisa dan salah, kalau mesin hanya dibiarkan bekerja sendirian," ujar Hermawan dalam webinar Post-Normal Agenda: 2021 & Beyond, Selasa (6/10/2020) malam.

Baca juga: Keluarga Pendiri Bosowa Digugat Qatar National Bank Senilai Rp 7,1 Triliun

Ia menjelaskan, mesin memiliki kemampuan mengelola data dengan lebih baik dan efisien, mampu mengekstraksi informasi, serta mampu mengelola pengetahuan yang didapat.

Di sisi lain, manusia memiliki kemampuan mengelola gangguan atau permasalahan, mampu berpikir inovatif, serta mampu untuk mengembangkan kebijaksanaan. Umumnya, hal ini disebut pula dengan kemampuan soft skill.

"Mesin itu bisa mengelola data, tapi apakah mesin bisa mengelola noise atau gangguan? Gangguan itu kan enggak bisa dihindarkan," kata dia.

Lebih lanjut, Hermawan menjelaskan, mesin mahir dalam berpikir konvergen, terstruktur dan menemukan pola. Sangat baik dalam menggunakan pemikiran logis yang mengikuti algoritma.

Baca juga: Bisakah UU Cipta Kerja Jadi Karpet Merah untuk Investor?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X