Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Teten Bakal Luncurkan Rumah Koperasi Digital, Apa Itu?

Kompas.com - 08/10/2020, 14:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mendorong pelaku koperasi untuk masuk dalam ekosistem digital demi meningkatkan usahanya.

Untuk memfasilitasi hal itu, Kemenkop UKM bakal meluncurkan rumah koperasi digital (portal) yang diberi nama IDXCOOP.

Melalui portal ini, nantinya akan menjadi wadah bagi para pelaku koperasi untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, dan kisah sukses para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya melalui koperasi, sehingga bisa diduplikasi atau dikembangkan oleh koperasi lainnya yang masih dalam proses pengembangan.

Baca juga: Siap-siap, BLT UMKM Rp 2,4 Juta Tahap Kedua Disalurkan Mulai Pekan Ini

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan, untuk meningkatkan daya saing, mau tidak mau koperasi harus memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung proses bisnisnya. Sebab hanya dengan menggunakan teknologi, segala persoalan bisa diselesaikan lebih mudah dan efisien.

"Secara ekonomi, penggunaan teknologi digital bisa mendorong perluasan akses pasar sehingga produk koperasi akan semakin dikenal luas oleh masyarakat," ujarnya dalam diskusi Webinar Program Inovasi & Transformasi Digital Koperasi, Kamis (8/10/2020).

Menurut Rully, saat ini masih banyak koperasi yang belum memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses bisnisnya, sehingga mereka kerap mengalami berbagai kesulitan seperti ongkos produksi yang relatif lebih tinggi, kurang efisien waktu, dan lainnya.

"Saat ini di dunia koperasi, terjadi gradasi yang sangat kuat, ada yang tingkatan sudah advance ada yang sangat sederhana dalam menggunakan teknologi informasi (TI) tapi banyak juga yang masih apriori. Bagi mereka teknologi itu dianggap sebagai beban secara intelektual, terutama untuk generasi yang sudah 60 tahunan," ucapnya.

Rully juga mengatakan untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam penggunaan teknologi digital, melalui IDXCOOP diharapkan bisa menjadi media bagi para pelaku koperasi untuk belajar tentang pengelolaan koperasi yang baik dan benar. Termasuk bagaimana mengembangkan skala bisnisnya berbasis digital.

Dia bilang rencananya portal ini akan diluncurkan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pada Sabtu depan (10/10/2020), di Bandung.

Rully berharap melalui wadah ini bisa menjadi sebuah gerakan bersama yang terus bergulir, agar ke depan semakin banyak koperasi yang melek teknologi sehingga kualitas maupun kuantitas koperasi bisa semakin bertambah.

"Koperasi bisa hidup karena mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, jadi kita harus optimalkan teknologi digital ini selain karena sebuah keniscayaan dalam persaingan bisnis, tapi yang penting adalah dengan digitalisasi bisa menciptakan nilai tambah bagi bisnis koperasi," jelas dia.

Baca juga: Menkop Teten: UU Cipta Kerja Buat UMKM Menyerap Lapangan Kerja Lebih Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com