Jadi Ketua Menaker Se-ASEAN, Ini yang Bakal Dilakukan Ida Fauziyah

Kompas.com - 29/10/2020, 06:46 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN secara virtual, di Jakarta, Rabu (28/10/2020). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN secara virtual, di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam forum pertemuan Tingkat Menteri Ketenagakerjaan Se- ASEAN ke-26, Indonesia mengusulkan tiga inisiatif kerja sama bidang ketenagakerjaan.

Ketiga inisiatif tersebut antara lain mengadopsi deklarasi ASEAN tentang peningkatan pekerja ASEAN untuk daya saing, ketahanan, dan ketangkasan menghadapi pekerjaan masa depan.

Kedua, mendorong kerja sama antara negara anggota ASEAN, mitra ASEAN, mitra sosial, dan organisasi internasional, untuk mendukung upaya-upaya dalam mencapai tujuan.

Baca juga: Bisakah Gubernur Tentukan Upah Minimum Tahun Depan? Ini Kata Menaker

"Ketiga, menghasilkan langkah-langkah progresif dan milestone dalam mewujudkan daya saing, ketahanan, dan ketangkasan pekerja ASEAN dalam menghadapi pekerjaan masa depan," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Lebih lanjut, ujar Ida, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian Indonesia selaku Ketua ASEAN bidang ketenagakerjaan, yakni mempercepat akses keterampilan vokasi bagi tenaga kerjanya, khususnya dalam penguasaan teknologi.

Selanjutnya, pelaksanaan program 3S (skilling, reskilling, dan upskilling) melalui Balai Pelatihan Kerja (BLK) yang juga melibatkan pihak industri dan pemangku kepentingan lainnya. 

"Sehingga, mereka dapat mengisi lapangan pekerjaan yang tersedia di era ekonomi digital dan dapat bertahan di situasi krisis akibat pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Baca juga: Menaker: Sudah 18 Provinsi Sepakat Upah Minimum 2021 Tidak Naik

"Kami berharap kerja sama ASEAN bidang ketenagakerjaan ini dapat mendorong dan memberikan kemajuan yang signifikan menuju pencapaian, inisiatif baru di sektor ketenagakerjaan, seperti hubungan industrial, pengembangan keterampilan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan pengawasan ketenagakerjaan," sambung Ida.

Sebagai informasi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, secara resmi menjabat sebagai Ketua Menteri- menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN untuk masa jabatan periode 2020-2022.

Dirinya langsung memimpin pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN tersebut usai serah terima jabatan dari Tuan Haji Awang (Malaysia) selaku Ketua periode 2018-2020, melalui hybrid virtual meeting di Jakarta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X