Pemerintah Targetkan Ada 10.000 Unit SPBKLU yang Beroperasi pada 2025

Kompas.com - 03/11/2020, 17:18 WIB
Ilustrasi mobil listrik. The GuardianIlustrasi mobil listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan, pada 2025 terdapat 10.000 pengisian daya motor listrik atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) beroperasi.

"Sesuai dengan roadmap SPBKLU, maka di tahun 2025 nanti ditargetkan akan tersedia 10.000 unit SPBKLU," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam video conference, Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut, Rida menyebutkan, angka tersebut diproyeksikan terus bertambah setiap tahunnya.

"Pada tahun 2030 kita berharap akan tersedia 15.625 unit SPBKLU," katanya.

Baca juga: Mobil Listrik Makin Diminati, Penjualan di Indonesia Mengalami kenaikan

Namun, sampai mendekati penghujung tahun 2020, baru 9 SPBKLU beroperasi. Dimana seluruh SPBKLU berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Saat ini telah tersedia 9 SPBKLU, dengan rincian 6 unit terletak di Jakarta Selatan, 1 unit di Kota Tangerang, dan 2 unit di Kota Tangerang Selatan," ujarnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari ke-9 SPBKLU itu, 3 diantaranya baru resmi dioperasikan hari ini.

Ketiga SPBKLU yang baru beroperasi berada di Kantor PLN UP 3 Cikokol, Tangerang yang dioperasikan oleh Grab Indonesia dan Kymco.

Lalu di Alfamart Gandaria 3 Jalan Jatayu, Kebayoran Lama, Jakarta oleh Oyika. Terakhir di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Jalan Rasuna Said, Jakarta oleh Ezyfast dan Oyika.

Rida menyebutkan, operasional SPBKLU ini merupakan komitmen pemerintah dalam mendukung prgram percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2019.

Baca juga: Rencana Pemerintah: Pertamina Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik

Dalam melaksanakan salah satu ketentuan Perpres tersebut, Kementerian ESDM telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

"Melalui SPBKLU, pengendaraan kendaraan bermotor atau dalam hal ini sepeda motor listrik dapat menukar baterai yang lama dengan baterai yang sudah terisi dari rak penyimpanan, dan hanya membutuhan waktu penukaran sekitar 3 menit," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X