Ini Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kasus Raibnya Uang Winda Earl di Rekening

Kompas.com - 13/11/2020, 10:43 WIB
Ilustrasi rekening bank. ShutterstockIlustrasi rekening bank.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus raihnya uang Rp 22 miliar milik atlet e-Sport Winda Earl dan ibunya belakangan jadi sorotan.

Pasalnya, kasus serupa terjadi bukan cuma sekali atau dua kali.

Meski bank sudah dilengkapi dengan sistem kelola meliputi pengawasan ketat dan manajemen risiko yang baik, tetap ada risiko yang mengintai uang kita di mana pun.

Kasus Winda menjadi pelajaran berharga untuk kita agar lebih hati-hati. Pencegahan risiko berawal dari diri sendiri terlebih dahulu.

Baca juga: Kasus Winda Earl, Apa Saja yang Harus Dipahami Nasabah Perbankan?

Bagaimana pun, kadang kasus-kasus serupa berawal dari kelalaian kita.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi atau setidaknya meminimalisir risiko yang muncul dari setiap tindaka terhadap uang atau aset lain Anda.

1. Semua ada risiko

Anda harus tahu betul bahwa setiap tindakan atau setiap institusi keuangan memiliki risiko.

Investasi atau menabung di bank juga memiliki risiko.

Perencana Keuangan Aidil Akbar mengatakan, setidaknya ada 3 risiko yang muncul bila Anda memilih untuk menyimpan uang di bank.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X