Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Simpang Susun Sentul Selatan Beroperasi

Kompas.com - 20/11/2020, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramp 1 Junction atau Simpang Susun Sentul Selatan pada Ruas Jalan Tol Jagorawi akan mulai dioperasionalkan mulai besok, Sabtu (21/11/2020).

Hal ini sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1568/KPTS/M/2020 tanggal 6 November 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Ramp 1 Junction Sentul Selatan pada Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi.

"Pembangunan Simpang Susun Sentul Selatan yang melintas di atas Jalan Tol Jagorawi tepatnya KM 37+000 ini, diharapkan dapat mengurai kepadatan di Simpang Belanova, serta dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bogor dari arah Jakarta melalui Jalan Tol Bogor Ring Road yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar (MSJ)," ujar Project Head Pembangunan Simpang Susun Sentul Selatan Jasa Marga Bianto Johan Arifin melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: 9 Jalan Tol Diusulkan ke Jokowi Jadi Proyek Strategis Nasional

Bianto menjelaskan, Simpang Susun tersebut memiliki total panjang 2.075 meter. Simpang Susun Sentul ini dibangun sejak Januari 2019 dan telah memenuhi persyaratan Uji Laik Fungsi dan Operasi pada pertengahan Oktober 2020.

Lebih lanjut kata dia, Simpang Susun Sentul Selatan ini terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Lingkar Luar Bogor (BORR). Dengan beroperasionalnya Simpang Susun Sentul maka pengguna jalan hanya akan melakukan sekali transaksi.

Yakni, ketika pengguna jalan melalui Gerbang Tol Sentul Barat, arah Jalan Tol BORR. Tarifnya pun terntegrasi (gabungan) Ruas Jagorawi dan Ruas BORR yaitu Golongan I sebesar Rp 17.000, Golongan II dan Golongan III sebesar Rp 26.500, Golongan IV dan Golongan V sebesar Rp 36.000.

"Dengan adanya Simpang Susun ini juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh pengguna jalan yang ke arah Bogor karena dapat menghindari Simpang Belanova yang kerap terjadi kepadatan," katanya.

Baca juga: Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Besok Mulai Beroperasi Secara Gratis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+