Seberapa Penting Penggunaan Robot dalam Industri Keuangan di Indonesia?

Kompas.com - 03/12/2020, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan zaman menyebabkan penggunaan robot tidak terelakkan untuk mempermudah pekerjaan.

Chief Strategist Veda Praxis Satya Renaldi mengatakan ada beberapa keuntungan yang didapatkan oleh semua sektor industri ketika menggunakan robotik, khususnya untuk industri jasa keuangan.

"Setiap sektor industri, khususnya jasa keuangan dapat memanfaatkan tenaga kerja otomatis atau robot untuk semakin mempercepat proses kerja sekaligus menghemat pengeluaran, yang dimana perusahaan bisa menghemat biaya pengeluaran hingga 70 persen," ujarnya saat diskusi webinar Infobank yang disiarkan secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Ada Pandemi, Penggunaan Robot Kolaboratif untuk Bisnis Menguntungkan?

Dia memaparkan, ada keuntungan lain yang juga didapatkan dari penggunaan robotik. Keuntungan pertama adalah dapat dihilangkannya kesalahan kerja akibat faktor human error.

Dia menjelaskan, saat perusahaan memanfaatkan tenaga manusia, kerap didapati adanya human error. Hal tersebut bisa diminimalisir oleh perusahaan, dengan menggunakan jasa dari robotik.

"Lalu keuntungan yang kedua adalah proses kerja robot yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan manusia. Apabila manusia harus memakan waktu ketika melakukan pekerjaan selama 6 jam, namun dengan bantuan robot, hanya perlu memakan waktu menjadi 2 menit," ungkapnya.

Dua hal inilah, kata dia, yang juga membuat perusahaan bisa memangkas ongkos atau biaya pengeluaran.

Baca juga: Ada Pandemi, Penggunaan Robot Kolaboratif untuk Bisnis Menguntungkan?

Dia juga mengatakan berdasarkan hasil riset yang ia temukan dari KPMG, menunjukkan ada sebanyak 47 persen pekerjaan dapat digantikan oleh robot. Semua pekerjaan manusia yang bersifat berulang-ulang bisa digantikan dengan bantuan robotik.

"Jadi manusia dapat lebih fokus ke pekerjaan yang sifatnya analitik dan bernilai tambah," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.