Akhir Pekan Rupiah Berpeluang Menguat Terbatas

Kompas.com - 04/12/2020, 10:17 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini melemah tipis pada Jumat (4/12/2020).

Melansir Bloomberg, rupiah pagi ini berada pada level Rp 14.142 per dollar AS atau melemah tipis 2 poin (0,01) dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.140 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun rupiah pagi ini melemah, namun pada siang hari rupiah berpeluang menguat terbatas karena sentimen pelemahan dollar AS.

Baca juga: Pagi Ini IHSG Terkoreksi 0,28 Persen

“Rupiah bisa menguat terbatas karena sentimen yang cenderung mixed. Di pasar saat ini indeks dollar melemah, karena prospek stimulus fiskal AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, vaksi produksi Inggris Pfizer hanya mampu diproduksi setengah dari jumlah yang ditargetkan.

Tahun ini Pfizer memangkan target produksi vaksin Covid-19 menjadi 50 dosis setelah sebelumnya menargetkan 100 dosis. Ini terjadi lantaran terhambatnya pasokan bahan baku.

Baca juga: Harga Emas Antam Naik Rp 4.000

“Overall market masih positif, namun kabar produksi vaksin tersebut melemahkan sentimen positif yang ada,” jelas Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.000 per dollar AS sampai dengan Rp 14.180 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X