Sukses Berkarier Tak Bisa Hanya Andalkan Pengalaman dan Pengetahuan

Kompas.com - 09/12/2020, 18:51 WIB
Ilustrasi sukses ShutterstockIlustrasi sukses

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses di tempat kerja dan memiliki karir yang bagus mungkin menjadi impian bagi banyak orang.

Tapi hal itu bisa hanya bisa didapat dengan kerja keras.

Menurut Organization Development & Talent Management Manager Kopi Kenangan Daniel Sugiarto, ada empat hal yang harus dimiliki seseorang dalam profilnya untuk bisa sukses di tempat kerja.

Baca juga: Benarkah Passion Kunci Penentu Kesuksesan Karier?

Keempatnya adalah pengetahuan (knowledge), pengalaman (experience), kompetensi (competence), dan atribut personal (personal attribute).

Namun menurutnya, hal paling penting yang perlu dimiliki seseorang adalah kompetensi dan atribut personal.

Sebab, kedua hal itu merupakan karakteristik individu, berbeda dengan pengetahuan dan pengalaman yang bisa dipelajari.

"Kompetensi dan atribut personal itu sesuatu yang berbeda," ujar Daniel dalam webinar Sampoerna University: Bright Future Festival, Rabu (9/12/2020).

Daniel mengatakan, sepintar apapun seseorang, percuma jika tak memiliki kepemimpinan dalam dirinya, tak punya displin, hingga tak punya komitmen dalam hal waktu.

Semua hal itu merupakan bagian dari atribut personal.

Baca juga: Karier Hary Prasetyo: Dirkeu Jiwasraya, Staf KSP, Divonis Seumur Hidup

Begitu pula dengan kompetensi, kepintaran seseorang akan percuma jika tak memiliki kemampuan perencanaan (planning) yang baik.

"Tanpa kedua itu, seluruh pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki itu jadi enggak berguna," kata dia.

Oleh sebab itu, Daniel menekankan, untuk bisa sukses di tempat kerja tak bisa hanya mengandalkan kemampuan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman, tapi perlu juga kompetensi dan atribut personal.

"Profil sukses yang orang harus punya yang keempat hal itu, pengetahuan dan pengalaman aja enggak cukup, harus dilengkapi juga sama kompetensi dan personal," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X