Kadin Nilai Pelepasan Ekspor oleh Presiden Bisa Memotivasi Pelaku UMKM

Kompas.com - 09/12/2020, 17:44 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno menilai langkah Presiden Joko Widodo melepas ekspor produk Indonesia ke pasar global, menjadi penyemangat para eksportir untuk melakukan kegiatan ekspor.

Sebab, pelaku eksportir memerlukan hal tersebut dari kepala negara.

“Itu memotivasi kami para eksportir. Bagus, kan kami perlu motivasi dari presiden. Presiden kan eksportir. Sekarang perusahaannya yang furniture untuk ekspor. Jadi dia mengerti betul persoalan ekspor. Jadi sebagai bapak negara dia memberikan semangat kepada eksportir untuk masuk," ujar Benny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Menaker Terbitkan Surat Edaran Larangan Pungutan Pelaksanaan Dana Bantuan Pemerintah

Benny menambahkan, dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan seperti itu harus terus ditingkatkan.

Dengan meningkatkan kegiatan ekspor, maka perekonomian nasional akan membaik ditambah terciptanya lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Dalam kondisi seperti ini, salah satunya adalah ekspor yang dapat menggerakan ekonomi kita. karena kebutuhan kerja kita dua, satu devisa satu lapangan kerja. Devisa dan lapangan kerja bisa diperbesar kalau kita meningkatkan ekspor itu," kata Benny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk meningkatkan keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam kegiatan ekspor ini, Benny menyarankan model pembiayaan di lembaga pembiayaan ekspor indonesia (LPEI) diperbarui.

Dengan begitu, LPEI bisa membiayai UMKM yang akan melakukan kegiatan ekspor.

"Maka dia yang didorong membuat produk-produk baru yang sekarang kita engga ada. ya kita contoh saja Vietnam, Malaysia, Singapur, bagaimana mereka membiayai produk-produk UMKM untuk ekspsor," ucap dia.

Baca juga: Indonesia Trading House Australia Jembatani Produsen Dongkrak Ekspor ke Negeri Kanguru

Sementara dari sisi UMKM, Benny menyarankan para pelaku usaha lebih meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Kemudia, produk yang dibuat mengikuti standar negara yang akan dituju.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.