Menhub Tinjau Kesiapan Bandara Ngurah Rai Jelang Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 11/12/2020, 21:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Dokumentasi KemenhubMenhub Budi Karya Sumadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan langsung kesiapan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dalam mengantisipasi potensi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada libur akhir tahun 2020.

Ia melakukan pengecekan terkait kesiapan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, maupun kesiapan sarana, prasarana, dan pelayanan di Bandara Ngurah Rai.

"Momen akhir tahun Natal dan Tahun Baru ini kemungkinan akan dimanfaatkan saudara-saudara kita untuk berlibur, salah satunya ke Pulau Bali," ujar Budi Karya saat melakukan tinjauan, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: RI Akan Perluas 2 Perjanjian Dagang

Dia mengatakan, kendati pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi jumlah hari cuti bersama, namun dirinya tetap meminta seluruh jajaran Kemenhub untuk tetap waspada mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Seperti di Bali, ia meminta untuk tak hanya fokus di bandara, tapi juga memastikan protokol kesehatan benar-benar dilaksanakan dengan tegas dan konsisten di terminal bus, pelabuhan laut, dan penyeberangan.

Budi Karya menekankan, jangan sampai momen akhir tahun memicu peningkatan jumlah orang yang terpapar Covid-19. Oleh sebab itu, dia meminta seluruh pemangku kepentingan bisa menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah mulai percaya untuk menggunakan transportasi umum di masa pandemi, khususnya pesawat.

"Jangan sampai upaya kita berbulan-bulan kemarin menjadi sia-sia. Sektor transportasi harus tegas terhadap protokol kesehatan. Sediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, physical distancing, jaga jarak, jangan sampai ada kerumunan, lakukan penyemprotan disinfektan secara berkala," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, ia menilai, Bandara Ngurah Rai sudah menjalankan protokol kesehatan yang telah ditentukan, seperti adanya rambu-rambu jaga jarak, penyediaan hand sanitizer di beberapa titik, dan kebersihan bandara yang terus dijaga.

Budi Karya meminta apa yang dilakukan di Bandara Ngurah Rai dapat dicontoh dan diterapkan di simpul-simpul transportasi di kota lain. Ia juga berharap, partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam menekan angka penularan Covid-19.

"Saya berharap dukungan stakeholder transportasi termasuk pemerintah daerah untuk bersinergi bersama menekan angka penularan, khususnya di tempat-tempat wisata. Kalau perlu terapkan aturan tertentu misalnya kapasitas pengunjung dibatasi," kata dia.

Baca juga: Kemenaker Percepat Penyaluran Bantuan Subsidi Gaji sesuai Kriteria Penerima



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X