Investor Asing Tertarik Kelola Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu

Kompas.com - 28/12/2020, 14:30 WIB
Ilustrasi Bandara Kualanamu: Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoIlustrasi Bandara Kualanamu: Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, ada beberapa investor asing yang tertarik untuk kerja sama pengelolaan beberapa bandara di Indonesia.

Nantinya, para investor tersebut akan menanamkan modalnya melalui sovereign wealth fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

“Karena kita tahu ada beberapa yang tertarik dengan airport kita, seperti Sokarno Hatta, Kualanamu, tertarik dikelola oleh beberapa negara,” ujar Arya dalam sebuah webinar, Senin (28/12/2020).

Baca juga: KSPI Nilai Reshuffle Kabinet Tidak Beri Dampak Positif bagi Buruh

Arya menjelaskan, nantinya akan dibentuk perusahaan dalam kerja sama pengelolaan bandara tersebut. Namun, nantinya mayoritas pemilik saham di perusahaan itu adalah negara melalui BUMN.

“Ada kebijakan dari Pak Menteri Erick Thohir bahwa nanti anak perusahaan ini tetap mayoritas (sahamnya) dikuasai Angkasa Pura. Jadi bukan Angkasa Puranya yang akan di-inject, tapi melalui anak perusahaannya,” kata Arya.

Arya memaparkan, nantinya Angkasa Pura II akan memegang saham mayoritas perusahaan patungan tersebut.

“Ini adalah cara kita juga supaya menjaga ini tetap dimiliki BUMN. Jadi mereka bisa masuk ke perusahaan dalam hal ini adalah SWF-nya, kemudian mereka mengelola bersama-sama,” ungkapnya.

Baca juga: Pesawat N219 Akhirnya Dapat Sertifikat, Kemenhub Langsung Memesan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X