Dorong Penyerapan Produk UMKM, Kemendag Gandeng Hotel dan Perbankan

Kompas.com - 31/12/2020, 18:00 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).
DOK. kemendag.go.id Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng perhotelan dan perbankan dalam upaya mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan grup perhotelan Accor PT AAPC Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), dan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami mengajak AAPC Indonesia, BNI, dan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat bersinergi untuk meningkatkan dan menggunakan produk dalam negeri melalui pemberdayaan UMKM di Jawa Barat,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam keterangan resminya, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Tips Mengembangkan Karier pada 2021

Ia menjelaskan, beberapa poin penting dalam penandatanganan kerja sama itu yakni, koordinasi antar pihak-pihak terkait, pertukaran data dan informasi, serta pembinaan UMKM.

Selain itu ada kontrak kerja sama pengadaan barang dan/atau jasa fasilitas perhotelan dan jasa akomodasi dengan pelaku UMKM di sektor perdagangan yang memenuhi kriteria dari pihak-pihak terkait.

Ada juga fasilitas pembiayaan dan legalitas usaha kepada UMKM di sektor perdagangan yang bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Jerry, kerja sama tersebut dapat membantu meningkatkan daya saing produk dan mentransformasi UMKM dalam memasarkan produk dan pembiayaan usaha.

Jerry berharap, langkah yang diambil AAPC Indonesia dan seluruh jaringan perhotelannya dapat menjadi inspirasi bagi perhotelan lain di Indonesia. Sebab hal ini menjadi salah satu wujud mendukung program bangga buatan Indonesia (BBI) yaitu dengan membeli kebutuhan hotel dari para pelaku UMKM.

Sementara itu, bagi pihak BNI juga dapat memperluas pemberian bantuan permodalan kepada UMKM di wilayah lainnya di Indonesia.

Baca juga: Mentan Yakin Pasokan Beras Aman pada 2021

"Langkah yang dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam memberikan kepastian dan kesinambungan terkait pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Jawa Barat, semoga dapat diikuti pemerintah daerah lainnya," ungkap Jerry.

CEO Accor Southeast Asia, Japan, South Korea, Garth Simmons menambahkan, Jawa Barat merupakan provinsi keenam bagi perusahaannya dalam melakukan kerja sama untuk memberdayakan UMKM dan mendorong program BBI.

Menurut dia, hingga saat ini, sebanyak 9 hotel AAPC Indonesia yang berlokasi di Jawa Barat telah melakukan kurasi dan menghasilkan lebih dari 20 UMKM yang siap bersaing.

"Semoga partisipan hotel kami akan terus bertambah dan meluas ke provinsi lainnya, sehingga, semakin banyak UMKM yang dapat berkembang," kata Garth.

Baca juga: Mentan Klaim Impor Pangan Turun 10 Persen di 2020



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.