Pengusaha Girang Banyak Kamar Hotel Laris Manis untuk Isolasi Mandiri

Kompas.com - 09/01/2021, 10:31 WIB
Petugas hotel Harmoni Cipanas Garut menyemprot disinfektan kamar sebelum dan sesudah digunakan orngunjung (dok Harmoni Hotel) KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANGPetugas hotel Harmoni Cipanas Garut menyemprot disinfektan kamar sebelum dan sesudah digunakan orngunjung (dok Harmoni Hotel)

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyampaikan bahwa peningkatan permintaan kamar hotel untuk isolasi dengan biaya mandiri (isolasi mandiri) menjadi fenomena baru di dunia perhotelan.

"Ada dua skema pembayaran untuk isolasi, yakni subsidi dari pemerintah dan bayar sendiri atau personal account. Yang berbayar secara mandiri ini cukup menarik fenomenanya," ujar Ketua umum Apindo, Hariyadi B. Sukamdani, dilansir dari Antara, Sabtu (9/1/2021).

Ia mengatakan pemesanan kamar untuk isolasi mandiri tanpa subsidi dari pemerintah cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di dalam negeri.

Saat ini, lanjut dia, sejumlah hotel juga telah memiliki izin dari dinas pariwisata untuk menerima tamu dengan tujuan isolasi mandiri.

Baca juga: Luhut Minta ke Sandiaga Uno Kurangi Pembangunan Hotel di Destinasi Wisata

"Namun, untuk mandiri protokolnya juga ketat, karena hotel harus ada tenaga medisnya juga," kata Hariyadi yang juga Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Ia juga mengatakan penggunaan fasilitas kamar hotel untuk isolasi mandiri tidak hanya digunakan secara mandiri oleh masyarakat, ada juga yang disubsidi oleh pemerintah.

"Anggaran dari pemerintah itu untuk masyarakat yang penghasilannya mungkin yang tidak bisa untuk mandiri," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyiapkan fasilitas hotel bintang dua atau tiga yang dimanfaatkan untuk menampung pasien Covid-19 guna menyiasati apabila tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit penuh.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap 32 Hotel Gratis di Jakarta untuk Isolasi Mandiri

“Pemerintah juga menyiapkan untuk layanan publik juga memanfaatkan fasilitas hotel bintang dua atau tiga seperti dilakukan di Sulsel dan Jateng,” katanya.

Untuk itu, ia mendorong peningkatan kesiapan pelayanan publik di sejumlah daerah yang masih banyak ditemukan kasus Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X