Penutupan Perdagangan Sesi I, Saham-saham Farmasi Rontok

Kompas.com - 14/01/2021, 14:10 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKaryawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Penutupan perdagangan sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), beberapa saham- saham farmasi auto reject bawah (ARB), Kamis (14/1/2021).

Melansir RTI, beberapa emiten farmasi, seperti Pyridam Farma (PYFA), Itama Ranoraya (IRRA), Kimia Farma (KAEF), Indofarma (INAF), Phapros (PEHA), dan Tempo Scan Pacific (TSPC), tumbang.

PYFA dan TSPC kompak turun 6,8 persen di level 1.285.

Baca juga: Saham Anjlok Nyaris Auto Reject Bawah, Ini Analisis Teknikal KAEF dan INAF

Sementara IRRA, KAEF, dan INAF melemah 6,9 persen, di mana KAEF dan INAF terperosok di level 6.050, IRRA di level 3.210.

Namun demikian, Kalbe Farma (KLBF) malah berhasil menguat 3,19 persen di level 1.615.

Kalbe Farma mengalami kenaikan setelah sebelumnya mengalami penurunan signifikan.

Kemarin, KLBF mengalami penurunan 6,8 persen, dan pada hari sebelumnya 4,5 persen.

Dalam sepekan, KLBF berhasil menguat 8,7 persen.

Baca juga: Pasca-suntikan Perdana Vaksin Covid-19, Saham KAEF dan INAF Terjun

Sebelumnya, Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, saham farmasi (KAEF dan INAF) mengalami sentimen sell by news, atau aksi mayoritas pelaku pasar menjual saham tertentu berdasarkan spekulasi atau rumor, sehingga membuat harga sahamnya jatuh.

“INAF terkena sentimen profit taking hari ini setelah vaksin mulai didistribusikan (sell by news), KAEF juga terkena profit taking (sell by news),” ungkap Hendriko, Rabu (13/1/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X