Kemenkop UKM dan Kemenparekraf Berkolaborasi untuk Kembangkan 5 Destinasi Super-Prioritas

Kompas.com - 19/01/2021, 18:42 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat bersepeda di pantai Kuta Mandalika menggunakan sepeda buatan NTB KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat bersepeda di pantai Kuta Mandalika menggunakan sepeda buatan NTB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama mengembangkan potensi di 5 Destinasi Super Prioritas, yaitu, Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobudur (Jateng).

"Sesuai arahan Presiden RI agar tidak ada lagi ego sektoral antar kementerian. Kita harus sinergi dan kolaborasi," ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, usai audiensi dengan Menparekraf Sandiaga Uno, mengutip siaran resminya, Selasa (19/1/2021).

Menurut Teten, kerjasama ini akan maksimal jika Kemenparekraf telah menentukan faktor unggulan sampai dengan value creation sebuah destinasi, seperti wahana, event, promosi, infrastruktur, hingga hospitality yang kemudian akan dibantu dengan keberadaan dan pengembangan UMKM sebagai pelaksana usaha serta menciptakan added value turunannya.

Baca juga: Luhut Minta ke Sandiaga Uno Kurangi Pembangunan Hotel di Destinasi Wisata

"Artinya UMKM ini merupakan support system yang bisa hadir melalui ketersediaan pelaku usaha kuliner, souvernir, dan ekonomi kreatif yang di dalamnya mencakup fesyen, kuliner, dan kriya," ucapnya.

Teten optimistis, semua ini bisa berjalan dengan baik jika ada kerjasama yang solid antar Kemenkop UKM dan Kemenparekraf.

Sementara itu Sandiaga Uno menekankan bahwa pihaknya akan melakukan pemetaan kluster di setiap sub sektor pariwisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kolaborasi di setiap kluster ini akan memberikan output dan outcome yang jelas. Agar bisa mempertahankan lapangan kerja di setiap destinasi wisata," jelas Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.