Kompas.com - 27/01/2021, 20:44 WIB
Daftar tarif Tol Bogor Ring Road (BORR) yang disesuaikan mulai 30 Januari 2021 Dokumentasi Humas Jasa MargaDaftar tarif Tol Bogor Ring Road (BORR) yang disesuaikan mulai 30 Januari 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga kembali melakukan penyesuaian tarif baru di Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) mulai 30 Januari 2021.

Penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Bogor Ring Road.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Dedi Krisnariawan Sunoto mengatakan, penyesuaian tarif Tol BORR tersebut telah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya pengembalian modal investasi.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Bandung Terbaru di 2021

"Pemberlakuan tarif ini juga mempertimbangkan keseimbangan antara kemampuan membayar pemakai jalan tol dengan pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan peningkatan pelayananan dari Ruas BORR," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, penyesuaian tarif disebabkan adanya penambahan ruas tol yang beroperasional sepanjang 3,8 kilometer (Km). Dari yang sebelumnya 7,5 Km menjadi 11,3 Km di Seksi IIIA tepatnya Simpang Yasmin hingga Semplak.

Pasalnya kata Dedi, konstruksi simpangan kedua jalanan tersebut merupakan jalan layang sehingga memerlukan biaya konstruksi yang lebih tinggi sekitar 4-5 kali lipat dari konstruksi at grade.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemberlakuan tarif baru Jalan Tol BORR ini juga memperhitungkan inflasi 2,5 tahun yaitu dari Juni 2018 sampai dengan Desember 2020 sebesar 7,32 persen.

PT Marga Sarana Jabar (MSJ) anak usaha Jasa Marga ini juga melakukan peningkatan layanan antara lain dengan peningkatan kapasitas transaksi dengan penambahan jumlah titik layanan bergerak berupa Mobile Reader (MR) sebanyak 4 unit, layanan penyediaan area Top Up Center (TUC).

Berikutnya, peningkatan layanan satu Gardu Reversible (gardu layanan dua arah), serta pembangunan Simpang Susun Sentul integrasi Jagorawi.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan berbagai kendaraan operasional yang siap siaga selama 24 Jam untuk membantu penanganan gangguan atau kecelakaan di Ruas Jalan Tol BORR. Meliputi 2 unit mobile customer service, 1 unit kendaraan ambulans, 1 unit kendaraan derek, 1 unit kendaraan penyelamatan, dan 17 unit kendaraan patroli jalan raya dari Korlantas Polri.

Baca juga: Tarif Tol Terbaru dari Jakarta Menuju Semarang dan Surabaya di 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X