Beralih dari GameStop, Pengguna Reddit Mulai Sasar Logam Mulia?

Kompas.com - 01/02/2021, 13:37 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Pengguna sosial media Reddit yang sempat menggemparkan pasar saham Amerika Serikat lantaran berupaya untuk melawan pemain besar institusional Wall Street, memperluas aksi mereka ke pasar logam mulia.

Harga futures atau kontrak berjangka jatuh tempo untuk komoditas perak melonjak 8,5 persen mendekati 29 dollar AS pada Minggu (31/1/2021) waktu setempat. Dilansir dari CNN, Senin (1/2/2021) harga perak tersebut mencetak rekor tertinggi dalam lima bulan terakhir. Rekor tersebut tercapai setelah selama sepekan berturut-turut harga perak tercatat reli sebesar 6 persen.

Sementara itu, situs peritel perak pun memberi peringatan kepada pelanggan selama akhir pekan kemarin, bahwa mereka tak dapat memenuhi permintaan perak batangan dan koin yang tengah meroket.

Teranyar, harga kontrak berjangka perak sudah naik 6,5 persen.

Hal tersebut merupakan contoh lain dari ajang adu kekuatan antara investor yang tergabung dalam sebuah forum Reddit, WallStreetBets. Forum terrsebut sebelumnya sempat membuat harga saham GameStop dan AMC meroket.

Baca juga: Fenomena Reddit vs Hedge Funds yang Sebabkan Saham GameStop Meroket

Pasalnya, saham GameStop dan AMC merupakan jenis saham yang diminati oleh para hedge fund untuk mengeruk keuntungan dengan melakukan short sell.

Secara singkat, short sell merupakan aksi jual saham tanpa memiliki saham itu sendiri. Aksi tersebut dilakukan dengan cara meminjam saham dari sekuritas, kemudian dijual, dengan harapan harga saham itu akan menurun, sehingga bisa pelaku short sell bisa membelinya dengan harga murah dan dikembalikan ke sekuritas.

Aksi WallStreetBars tersebut menyebabkan portofolio para hedge fund tersebut terpuruk. Bahkan, Melvin Capital, salah satu perusahaan pengelola aset gabungan, mengalami "kebakaran" portofolio hingga 53 persen sepanjang Januari.

Pengguna Reddit yang tergabung dalam WallStreetBars pun kini mulai menyasar komoditas perak serta saham perusahaan iShares Silver Trust ETF (SLV). Beberapa pihak dalam forum tersebut menilai, intervensi mereka bisa merugikan bank-bank besar yang diyakini telah secara sengaja menekan harga perak.

"SLV akan menghancurkan bank-bank terbesar, tak hanya hedge fund kecil-kecilan," tulis seorang pengguna WallStreetBets.

Halaman:
Sumber CNN


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.