IHSG Ditutup Melesat 3,5 Persen, Rupiah Menguat Tipis

Kompas.com - 01/02/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup positif pada akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (1/2/2021). Demikian juga dengan mata uang garuda yang menguat tipis di pasar spot.

Melansir data RTI, IHSG menguat 205,19 poin (3,5 persen) pada level 6.067,54. Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji mengatakan, beberapa sentimen positif mendorong penguatan IHSG sore ini.

“Sentimen positif yang mendorong pergerakan IHSG hari ini yaitu, stabilitas inflasi di tanah air, tren positif dari PMI Manufaktur Indonesia, ekspansifnya kinerja PMI Manufaktur di negara-negara perekonomian maju, serta tren kenaikan harga komoditas dunia,” kata Nafan kepada Kompas.com.

Top gainers sore ini antara lain, PT Timah (TINS) yang meroket 21,3 persen ke posisi Rp 2.050. Bank Aneka Tambang (ANTM) menguat 17,12 persen menjadi Rp 2.600, dan saham Vale Indonesia (INCO) yang juga naik 13,6 persen di level 6.250.

Top losers sore ini antara lain, Itama Ranoraya (IRRA) dengan penurunan 6,9 persen pada level Rp 1.685. Kemudian, saham Kimia Farma (KAEF) yang melemah 4,9 persen di level Rp 2.980, dan Indofarma (INAF) yang juga terkoreksi 4,3 persen pada level Rp 2.870.

Total volume transaksi bursa sore ini sebesar 22,3 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 24,03 triliun. Investor asing mencatatkan net sell Rp 594,8 miliar di seluruh pasar.

Adapun saham-saham dengan pembelian bersih terbesar asing yakni Telkom (TLKM) Rp 70,3 miliar, Vale Indonesia (INCO) Rp 58,4 miliar, dan Surya Citra Media (SCMA) Rp 33,1 miliar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, saham-saham dengan penjualan bersih terbesar asing yakni Bank Mandiri (BMRI) Rp 251 miliar, Bank BCA (BBCA) Rp 242,7 miliar, dan Astra International (ASII) Rp 111,3 miliar.

Bursa Asia dominasi positif dengan kenaikan indeks Shanghai Komposit 0,6 persen, indeks Nikkei 1,5 persen, dan indeks Hang Seng Hong Kong 2,15 persen. Sementara indeks Strait Times koreksi 0,19 persen.

Bursa saham Eropa sore ini juga hijau dengan kenaikan indeks FTSE 0,68 persen, dan indeks Xetra Dax 01,02 persen.

Melansir Bloomberg, rupiah menguat tipis 8 poin (0,05 persen) pada level Rp 14.022 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.030 per dollar AS.

Baca juga: Pesan Sri Mulyani untuk BSI: Jangan Cederai Kepercayaan Masyarakat

Disclaimer: Artikel ini dibuat dengan tujuan bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X