Pesan Sri Mulyani untuk BSI: Jangan Cederai Kepercayaan Masyarakat

Kompas.com - 01/02/2021, 16:02 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bank syariah memiliki posisi yang unik di dalam industri keuangan.

Menurut dia, bank syariah berpedoman pada prinsip keadilan, profit loss sharing antara shahibul maal dan mudharib atau investor.

“Dengan prinsip tersebut secara teoritis bank syariah seharusnya memiliki bisnis model yang resilience, berdaya tahan. Pada saat kondisi resiko dan ekonomi yang memburuk tidak akan mendapatkan negatif spread seperti yang dialami bank konvesional,” ujar Sri Mulyani saat memberi sambutan dalam peresmian Bank Syariah Indonesia, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Beri Insentif Pajak Untuk Gaet Mitra Investasi LPI

Mantan Bendahara Negara itu menambahkan, bank syariah memiliki hubungan yang langsung dan kuat dengan kegiatan sektor riil. Sebab, transaksi dari bank syariah, yakni kegiatan ekonomi riil yang ada di masyarakat.

“Sehingga diharapkan kehadiran bank syariah Indonesia betul-betul mampu menggerakan sektor riil terutama kelompok usaha kecil menangah. Dengan potensi yang sangat besar dan kemampuan menggunakan sumber daya yang ada di dalam bank syariah Indonesia untuk betul-betul membangun ekonomi masyarakat dan kegiatan-kegiatan yang langsung bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia.

Mantan direktur Bank Dunia itu menuturkan, dari sisi aset, penggabungan tiga bank ini akan menempatkan PT Bank Syariah Indonesia menjadi top 10 bank terbesar di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejalan dengan hal tersebut, maka tanggung jawab dan kewajibannya untuk masyarakat Indonesia akan semakin meningkat.

“Saya berharap tata kelola yang baik. Sebuah kultur di dalam korporasi yang mengedepankan prudential, akuntabilitas, transparansi dan integritas serta profesionalisme harus dibangun, karena dana ini menggunakan dana masyarakat yang harus dikelola secara baik. Jangan cederai kepercayaan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Resmi Beroperasi, Begini Bentuk Logo dan Maknanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.