Erick Thohir: Bank BUMN Cukup Lincah, Bisa Menjadi Contoh BUMN Lain

Kompas.com - 04/02/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Shutterstock) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui selalu menjadikan bank-bank BUMN sebagai contoh untuk perusahaan pelat merah lainnya.

Erick menilai, bank-bank BUMN memiliki daya tahan dan daya saing yang cukup kuat di pasar. Selain persaingannya yang sehat, bank-bank tersebut memberikan banyak peran melalui beragam aksi.

"Kami di BUMN selalu memberi percontohan bahwa BUMN yang cukup sustain adalah di industri bank. Selain terbuka, ada swasta ada asing, tapi bank-bank BUMN perannya luar biasa," kata Erick dalam Debut Bank Syariah Indonesia di BEI secara virtual, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Soal Aturan Pajak Pulsa dkk, Stafsus Sri Mulyani: Ketentuan Ini Tak Berpengaruh terhadap Harga

Untuk itu dia ingin, perusahaan BUMN lain bekerja lebih solid serta memiliki komitmen dan memiliki strategi jangka panjang yang jelas. Hal ini juga berlaku bagi Bank Syariah Indonesia yang baru saja beroperasi pada 1 Februari 2021.

"Kita sama-sama menggali, jangan hanya gabung- gabung saja tapi bisnis strateginya tidak solid. Jangan kita nambah lagi di bank BUMN, tapi strateginya atau komitmennya tidak jelas," ungkap Erick.

Kata Erick, memiliki strategi jangka panjang yang jelas membuat perusahaan BUMN mampu menembus kancah global, seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan Telkom.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memulai, pihaknya bakal mendaftarkan (listing) 8-12 anak usaha dan cucu perusahaan BUMN ke Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam 3 tahun ke depan dari 2021-2023.

Proses listing pun termasuk dalam transformasi perusahaan BUMN untuk agar lebih transparan dan memiliki tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

"Saya mengharapkan banyak lagi perusahaan-perusahaan BUMN jadi preferensi global. Karena persaingan sekarang sangat terbuka," pungkasnya Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.