Kompas.com - 04/02/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup melemah di pasar spot pada Kamis (4/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah melemah 10 poin (0,07 persen) pada level Rp 14.015 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.005 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah terdorong oleh sentimen kenaikan kasus Covid-19 secara global dan domestik.

“Pelaku pasar tertuju pada penyebaran Covid-19 di Indonesia yang terus meningkat, per 3 Februari 2021, jumlah pasien positif corona berjumlah 1.111.671 orang. Bertambah 11.984 orang dibandingkan sehari sebelumnya,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Baca juga: Bukalapak Catatkan Pertumbuhan Penjualan Sebesar 17 Persen per Bulan Sepanjang 2020

Sejak virus corona mulai mewabah, rata-rata pasien baru bertambah 3.279 orang per hari. Data ini yang membuat pelaku pasar kembali pesimis terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia.

Walaupun pemerintah sudah menerapkan pembatasan aktivitas dan moblitas dalam aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kenaikan kasus belum mampu ditekan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ibrahim mengatakan, dampak ekonomi dari social distancing begitu terasa. Ekonomi yang 'mati suri' membuat Indonesia mengalami resesi untuk kali pertama dalam lebih dari 20 tahun.

Ibrahim mengatakan, guna memperbaiki kondisi ekonomi maka pemerintah dan masyarakat harus terus bekerja keras untuk memutus mata rantai pandemi. Dia bilang, pemerintah harus mempercepat vaksinasi agar semakin banyak orang yang memiliki kekebalan terhadap virus corona.

“Hanya dengan ini pandemi bisa diakhiri dan ekonomi bisa 'berlari' lagi,” jelas dia.

Baca juga: Bappenas: 4 Juta Jiwa Kembali Jatuh Miskin Bila...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.