Simak Kinerja 4 Bank Besar Sepanjang 2020, Mana Paling Oke?

Kompas.com - 09/02/2021, 09:40 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri perbankan mulai mengumumkan kinerjanya sepanjang 2020 sejak pertengahan Januari 2021.

Hingga kini, tercatat ada 4 bank besar yang sudah melaporkan perolehan laba bersih perseroan yang berhasil didulang di tengah pandemi Covid-19.

Keempat bank besar tersebut, yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Central Asia (BCA).

Dari keempat bank tersebut, siapa yang kinerjanya paling oke? Simak di sini

Baca juga: Bank Digital BCA Bakal Meluncur di Semester I Tahun Ini

1. BCA

Dari perolehan laba bersih, BCA mengungguli anggota the big four lainnya, termasuk BRI yang selama ini selalu yang teratas. Tercatat bank swasta terbesar itu membukukan laba bersih Rp 27,1 triliun. Meski tertinggi, labanya turun 5 persen secara tahunan (yoy) dari Rp 28,6 triliun di tahun sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan laporan perseroan, laba tergerus karena bank perlu melakukan pencadangan. BCA menyiapkan pencadangan Rp 11,6 triliun atau naik 152,3 persen (yoy).

Total kredit BCA juga terkontraksi 2,1 persen (yoy). Secara konsolidasi termasuk BCA Finance, penurunannya jauh lebih dalam yakni sebesar 2,5 persen (yoy) menjadi Rp 588,7 triliun.

Beruntung, laba masih ditopang oleh beberapa aspek. Pendapatan bunga bersih naik 7,3 persen (yoy) menjadi Rp 54,5 triliun, meski pendapatan non bunga menurun tipis 0,5 persen (yoy) menjadi Rp 20,2 triliun.

Pendapatan operasional pun meningkat 5,1 persen yoy mencapai Rp 74,8 triliun. Di sisi lain, beban operasional tercatat sebesar Rp 29,3 triliun, atau 3,1 persen lebih rendah dari tahun 2019.

Baca juga: Labanya Terbesar di Industri, Ini Tanggapan Bos BCA

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.