Pertamina EP Berhasil Genjot Produksi Minyak di Sumur Akasia Bagus Indramayu

Kompas.com - 22/02/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi blok migas iStockphoto/bashtaIlustrasi blok migas

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina EP mampu meningkatkan produksi minyak mentah di sumur Akasia Bagus (ABG)-008.

General Manager Pertamina EP Asset 3 Wisnu Hindadari mengatakan, pihaknya berhasil meningkatkan produksi sumur di Desa Sumbon Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, itu dari 578 barrel per hari, menjadi 1.580 barel per hari.

Ia menjelaskan, sumur yang telah berproduksi sejak tahun lalu itu, berhasil ditingkatkan produktivitasnya melalui program well intervention pada awal tahun 2021.

Baca juga: Ada Transparasi Suku Bunga, BI: Masyarakat Bisa Pilih Bank Berbunga Kredit Paling Murah

ABG-008 sendiri merupakan salah satu dari tiga sumur Step Out di wilayah kerja Asset 3 di Jawa Barat, yang berhasil dibor oleh Pertamina EP pada tahun 2020 lalu.

Target produksi awal dari ABG-008 adalah minyak sebesar 460 barrel per hari, namun uji produksi membuktikan bahwa ABG-008 mampu berproduksi hingga  578 barrel per hari.

“Uji produksi ini juga menunjukan bahwa ABG-008 memiliki potensi lebih besar lagi sehingga tim Pertamina EP Asset 3 pun mengusulkan program well intervention berupa stimulasi yang mulai dieksekusi pada 6 Januari 2021,” tutur Wisnu dalam keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, Pertamina EP Asset 3 yang terdiri dari Jatibarang Field, Subang Field dan Tambun Field memproduksikan minyak sebesar rata-rata 12,620 barrel per hari dan gas sebesar rata-rata 264.6 MMSCFD.

Lebih lanjut Wisnu menegaskan komitmen Pertamina EP Asset 3 untuk berperan  aktif dalam upaya pemenuhan kebutuhan energi nasional.

Baca juga: Keluh Kesah Pengusaha yang Bisnisnya Terdampak Banjir Jakarta

“Untuk itu pada tahun 2021 ini Pertamina EP akan melaksanakan 28 pengeboran pengembangan, 143 well intervention dan 12 kerja ulang di wilayah kerja Asset 3,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X