Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Vokasi Kementerian ESDM Buka Penerimaan Baru Untuk Lulusan SMA Sederajat

Kompas.com - 07/03/2021, 12:29 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kampus vokasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka penerimaan bagi para lulusan SMA sederajat.

Kedua perguruan tinggi vokasi (PTV) itu, yakni Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu dan Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung.

“Kami harap lulusan sekolah vokasi ESDM nantinya mampu mengisi kekosongan akan kebutuhan industri sektor ESDM," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: [POPULER MONEY] Impor Beras Setelah Serukan Benci Produk Asing | Ribuan Alumni Kartu Prakerja Jadi Wirausaha

Agung menjelaskan, pada tahun ini, PEP Bandung kembali membuka tiga program studi yaitu D3 Program Studi Teknologi Geologi, D3 Program Studi Teknologi Pertambangan, dan D3 Program Studi Teknologi Metalurgi.

Sementara PEM Akamigas memiliki total lima program studi yang terdiri dari Teknik Pengolahan Migas, Teknik Produksi Migas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas.

Proses seleksi pada PEP Bandung dimulai sejak tanggal 8 Maret 2021 melalui website www.pepbandung.ac.id atau melalui WhatsApp di nomor 082219995001, dengan skema jalur umum melalui prestasi akademik, jalur umum melalui UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), jalur umum melalui TPIU (Tes Potensi Intelektual Umum) dan jalur kerja sama (industri dan pemda).

Adapun PEM Akamigas mulai membuka seleksi pada 22 Maret 2021 melalui skema jalur umum dan jalur kerja sama. Untuk alur pendaftaran lebih detail bisa dilihat di laman resmi www.pmb.akamigas.ac.id atau bisa juga menghubungi 0296421897 atau nomor WhatsApp 081328409481/79.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan di Level Rp 923.000 per Gram

“Kami harap mahasiswa lebih memahami ruang-lingkup pekerjaan di dunia nyata bidang migas, geologi, maupun pertambangan sehingga sesuai dengan yang diharapkan perusahaan," ucap Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com