Telah Disetujui Senat, Masyarakat AS Bakal Dapat Bantuan Rp 20 Juta

Kompas.com - 07/03/2021, 18:43 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat Amerika Serikat (AS) bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 1.400 dollar AS atau setara Rp 20 juta (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS) mulai Maret ini.

Hal tersebut selaras dengan telah disetujuinya paket stimulus raksasa baru sebesar 1,9 triliun dollar AS atau setara Rp 27.170 triliun oleh Senat AS.

DPR AS yang saat ini didominasi oleh Partai Demokrat berencana untuk mengebut pengesahan stimulus yang tercantum dalam rancangan undang-undang (RUU) itu.

Baca juga: Luhut Bertemu Utusan Khusus Joe Biden Bahas Perubahan Iklim

Dilansir dari CNBC, Minggu (7/3/2021), DPR akan mengirimkan draf RUU itu ke Presiden Joe Biden pada Selasa (9/3/2021) mendatang, agar dapat ditandatangani sebelum tanggal 14 Maret 2021.

Selain mencakup soal pemberian BLT, stimulus itu juga akan memberikan bantuan sebesar 300 dollar AS atau sekitar Rp 4,2 juta per minggu ke untuk bantuan pengangguran di Negeri Paman Sam itu, hingga September 2021.

Stimulus itu juga dialokasikan untuk distribusi dan pengujian vaksin Covid-19, bantuan sewa untuk rumah tangga yang kesulitan, dan lain sebagainya.

Kemudian, pemerintah AS juga akan melanjutkan bantuan gaji untuk maskapai penerbangan AS, dengan uang yang siap digelontorkan sebesar 14 miliar dollar AS atau setara Rp 200,2 triliun.

Baca juga: China Desak Biden Hapus Kebijakan Tarif Trump

Meskipun keputusan ini ditentang oleh banyak pihak, mengingat pemulihan ekonomi sudah mulai terjadi seiring program vaksinasi Covid-19 telah dilaksanakan, tetapi para anggota Partai Demokrat menilai stimulus menjadi penting untuk mencegah perlambatan pemulihan ekonomi.

“Kami akan mengakhiri wabah mengerikan ini dan kami akan melakukan perjalanan lagi dan mengirim anak-anak kami ke sekolah lagi dan bersama lagi," kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.