[KURASI KOMPASIANA] Langkah Mudah Beli Rumah DP Nol Persen | Kelola Penghasilan dengan "Jirolupat" | Ingat 3 Hal Ini Sebelum Berutang

Kompas.com - 07/03/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi menabung untuk membeli rumah SHUTTERSTOCK/TINNAKORN JORRUANGIlustrasi menabung untuk membeli rumah

KOMPASIANA---Mengelola keuangan memang perlu membutuhkan sikap cermat, bukan dadakan yang bisa mengganggu tujuan keuangan kita jangka pendek maupun jangka panjang.

Perlu diingat pula, tujuan orang dalam mengelola keuangan berbeda-beda. Ada yang memutuskan berutang agar kebutuhan bisa terpenuhi, contohnya untuk cicilan rumah.

Namun di mana kita bisa menilai layak atau tidak dari segi kesiapan komitmen untuk membayar kewajiban utang di masa depan?

Diperlukan literasi keuangan masing-masing individu agar keputusan yang diambil tepat.

Jika Anda membutuhkan bacaan tips keuangan, mengatur utang, mengapa sebaiknya membeli rumah dari sekarang.

Berikut 3 konten di Kompasiana yang patut dibaca:

1. Langkah Mudah Beli Rumah DP Nol Persen dan Gratis PPN

Sudah adakah yang tahu Program insentif PPN dan DP 0 persen untuk membeli rumah?

Sebagaimana yang diulas oleh Kompasianer Kris Banarto, program insentif ini hanya berlaku selama 6 bulan dari Maret hingga Agustus 2021 khusus untuk rumah ready dengan harga maksimal Rp 2 Miliar.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli rumah, berikut ini beberapa langkah yang harus disiapkan. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X