Rute KA Mutiara Timur Diperpanjang Jadi Ketapang-Surabaya-Yogyakarta

Kompas.com - 07/03/2021, 15:50 WIB
Dengan adanya Gapeka 2021, waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih singkat. PT KAIDengan adanya Gapeka 2021, waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih singkat.


KOMPAS.com - PT KAI Daop 8 Surabaya memperpanjang rute atau relasi KA Mutiara Timur menjadi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang PP.

Sebelumnya, relasi KA Mutiara Timur hanya Surabaya Gubeng-Ketapang PP. Perpanjangan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah itu.

“Perpanjangan operasi KA Mutiara Timur ini guna memenuhi transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, di Surabaya, senagaimana dikutip dari Antara, Minggu (7/3/2021).

KA Mutiara Timur relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang tiba di Surabaya Gubeng pukul 00.53 WIB, berangkat kembali pukul 01.20 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 07.30 WIB.

Sedangkan untuk KA Mutiara Timur relasi Ketapang - Surabaya Gubeng-Yogyakarta PP tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 23.43 WIB, berangkat kembali pukul 00.10 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 05.35 WIB.

Adapun rangkaian yang digunakan KA Mutiara Timur relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang, terdiri dari 4 kereta eksekutif dan 3 kereta ekonomi dengan kapasitas tempat duduk sesuai protokol kesehatan 308 penumpang.

Baca juga: Lokomotif Tahun 1953-1991 ‘Hidup Lagi’, Siap di Jalur Kereta Pantura

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh tetap diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Bagi pelaku perjalanan di bawah umur 5 (lima) tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau Genose test sebagai syarat perjalanan," tutur mantan Manajer Daop 3 Cirebon tersebut.

Luqman mengatakan, masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan bulan Maret ini di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan channel pembelian online lainnya.

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.