Harga Bitcoin Tembus Rp 800 Juta, Masih Berpotensi Menguat?

Kompas.com - 13/03/2021, 14:43 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUMIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang kripto bitcoin masih menunjukkan kenaikan dengan menembus rekor Rp 800 juta dalam beberapa hari terakhir.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, bitcoin masih akan mungkin kembali melewati level tertingginya dalam waktu dekat.

Banyak pihak memprediksi harga Bitcoin jauh lebih tinggi dari harga sekarang. JP Morgan misalnya, memprediksi harga Bitcoin bisa tembus Rp 2,4 miliar.

Baca juga: Harga Melonjak, Valuasi Bitcoin Kembali Sentuh Rp 14.000 Triliun

“Setelah sempat mengalami penurunan selama beberapa pekan karena pasar jenuh, Bitcoin dan Ethereum kembali menapaki level tertingginya," kata Oscar Darmawan dalam siaran pers, Sabtu (13/3/2021).

Oscar menyebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan bitcoin kembali mencapai level tertingginya. Salah satunya karena kenaikan permintaan setelah AS meloloskan stimulus 1,9 triliun dollar AS untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu berdampak kepada penurunan mata uang, dan beberapa instrumen investasi. Begitupun berdampak terhadap perekonomian seluruh dunia sehingga orang-orang memilih Bitcoin untuk mengamankan aset.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Investor tetap ingin mengamankan asetnya dengan investasi. Dengan kondisi itu, orang beralih ke Bitcoin karena tidak terpengaruh langsung dengan kebijakan pemerintah. Bitcoin mengadopsi teknologi blockchain yang bersifat tidak terpusat,” ungkap Oscar.

Baca juga: Pernyataan Tiga Orang Ini Bikin Harga Bitcoin Merosot

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi Bitcoin adalah makin masifnya adopsi bitcoin oleh korporasi. Salah satu yang mengadopsi adalah Grup Hotel terbesar di dunia, yaitu Luxury US Hotel Group.

Hotel ini memberikan fitur pembayaran dengan kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, DOGE, dan lainnya.

“Masih ada sederet perusahaan-perusahaan lain yang ingin membeli Bitcoin. Mereka ingin mencatatkan kenikan aset seperti apa yang dilakukan oleh Tesla, Microstrategy dan beberapa perusahaan-perusahaan lainnya yang sudah membeli Bitcoin,” pungkas Oscar.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.