Di Hadapan DPR, Wamen BUMN Beberkan Keuntungan Holding Ultra Mikro

Kompas.com - 18/03/2021, 16:10 WIB
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan beberapa manfaat dari pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro.

Adapun Holding BUMN Ultra Mikro akan terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Pegadaian.

Manfaat pertama, kata pria yang akrab disapa Tiko itu, yakni bisa memberi akses pembiayaan kepada pelaku usaha ultra mikro dengan suku bunga yang rendah.

Baca juga: Bentuk Holding Ultra Mikro, Erick Thohir Mengaku Didukung OJK hingga KSSK

“Ke depan untuk bisa memberdayakan dan memberikan akses pembiayaan formal dengan biaya yang lebih murah, tentunya jangkauan ini jadi kunci utama,” ujar Tiko saat rapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (18/3/2021).

Manfaat kedua, lanjut mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu, yakni bisa menurunkan cost of fund bagi tiga perusahaan tersebut. Sebab, saat ini cost of fund PNM sebesar 9 sampai 10 persen, Pegadaian 6 sampai 7 persen dan BRI 2,3 persen.

“Tentu dengan pebiayaan sebagian besar akan didukung funding DPK (Dana Pihak Ketiga) BRI, tentu cost of fund PNM dan Pegadaian akan turun secara signifikan dan ini diharapkan akan di pass on kepada nasabah dalam bentuk pembiayaan dengan bunga yang lebih rendah,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat ketiga, yakni bisa makin memperluas jaringan ketiga perusahaan, namun dengan efisiensi biaya. Nantinya, kantor cababg yang dimiliki ketiga perusahaan tersebut bisa diintegrasikan.

Misalnya, jika Pegadaian atau PNM ingin membuka cabang baru, bisa disatukan dengan cabang BRI.

“Contoh, Pegadaian ke depan untuk ekspansi tidak perlu lagi menyewa atau membangun unit baru, tapi cukup menempel pada unit-unit desa BRI. Cukup membangun counter dan self deposit untuk menyimpan emas atau barang gadai lainnya, sehingga biaya pembukaan kantor Pegadaian ke depan akan jauh lebih murah,” ucap dia.

Terakhir, pembentukan holding ini diperkirakan akan semakin meningkatkan kesejahteraan karyawannya.

“Kami yakini laba PNM dan Pegadaian ke depan akan meningkat karena sebagian biaya dikurangi, Pegadaian dan PNM dapat menikmati kenaikan laba yang akan di pass on juga pada benefit karyawan,” ungkapnya.

Baca juga: DPR Sebut Holding Ultra Mikro Bisa Bebaskan Masyarakat dari Rentenir



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.