Kompas.com - 24/03/2021, 12:00 WIB
Pengguna aplikasi DANA DOKUMENTASI DANA Pengguna aplikasi DANA
|

JAKARTA, KOMPAS.com - DANA mencatatkan lonjakan jumlah pengguna selama pandemi Covid-19. Kini, jumlah pengguna DANA mencapai 60 juta pengguna.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan, pencapaian tersebut mengindikasikan budaya digital semakin luas dan menjangkau hampir semua lini kehidupan.

Pesatnya perkembangan teknologi yang ditunjang perluasan jaringan komunikasi data hingga ke pelosok daerah serta tuntutan untuk beradaptasi di masa pandemi, menjadi alasan kian lekatnya teknologi digital dalam keseharian masyarakat.

“Pencapaian 60 juta pengguna dalam waktu singkat ini merupakan wujud tingginya kepercayaan masyarakat terhadap aplikasi DANA yang menghadirkan kunggulan teknologi yang mudah, aman dan nyaman serta menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat sehari-hari,” ujar Vince seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Kurs Rupiah Hari Ini di Bank CIMB Niaga hingga BRI

Lebih lanjut Vince mengatakan, sebelum pandemi, jumlah pengguna masih berkisar 40 juta. Kemudian pada Desember 2020 naik menjadi 50 juta dan per Maret 2021 melonjak menjadi 60 juta.

"Ini berarti dalam satu tahun terakhir (year on year) terjadi pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 50 persen," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vince menegaskan, selain teknologi yang ramah dan mudah digunakan, serta terbuka untuk kolaborasi maupun sinergi, kunci kesuksesan DANA juga terletak pada aspek keamanan.

Sejak awal, keamanan selalu menjadi prioritas dan DANA terrus mengembangkan sistem keamanannya, mulai dari menerapkan verifikasi wajah untuk login, sertifikasi PCI-DSS, ISO 27001:2013 dan banyak lagi.

Vince membeberkan, ada 5 provinsi yang mengalami pertumbuhan DANA Bisnis yang signifikan adalah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Kelima daerah tersebut menduduki posisi lima teratas untuk provinsi dengan penyerapan DANA Bisnis yang pesat dengan kenaikan tertinggi mencapai lebih dari 700 persen.

Kiprah DANA ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang disampaikan dalam perayaan ulang tahun DANA secara virtual.

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan Via E-filing, Login ke djponline.pajak.go.id

Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya terhadap DANA sebagai perusahaan teknologi finansial yang dibangun dan dikembangkan oleh anak muda Indonesia, serta memiliki komitmen serius dalam mendukung ekonomi nasional, khususnya dalam pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif.

Selaras dengan pesan Sandiaga Uno, Vince menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memegang teguh komitmen tersebut melalui program-program mandiri maupun multiple helix bersama pemerintah, pelaku industri, dunia pendidikan dan juga komunitas.

Lewat program-program tersebut, DANA turut aktif mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan inklusi teknologi digital di semua kalangan.

Baca juga: Muncul Wacana Tax Amnesty Jilid II, Ini Kata Sri Mulyani



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.