Tangkap Potensi Ekonomi Digital, Huawei Dorong Investasi R&D

Kompas.com - 31/03/2021, 12:21 WIB
Booth Huawei di MWC 2019. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoBooth Huawei di MWC 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Huawei Technologies melihat potensi yang besar dalam ekonomi digital secara global, maupun di Indonesia. Potensi ini yang mendorong perusahaan untuk semakin memperkuat dan memperluas pasar.

Director of Media Affairs Huawei Indonesia Maggie Zhang mengatakan, nilai ekonomi digital secara global diperkirakan mencapai 23 triliun dollar AS pada 2025. Kontribusinya mencapai 24,3 persen dari total ekonomi global.

Sementara potensi ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai 124 miliar dollar AS pada 2025.

"Kami meyakini di 2025 masyarakat akan beralih menjadi masyarakat digital (digital society)," ujar Maggie dalam media visit virtual dengan Kompas.com, dikutip Rabu (31/3/2021).

Ia mengatakan, seiring dengan terus berkembangnya ekonomi digital, Huawei pun berinvestasi di bidang penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D).

Sepanjang 2009-2019, Huawei telah menggelontorkan lebih dari 90 miliar dollar AS untuk berinvestasi di bidang R&D. Rata-rata alokasi investasi R&D lebih dari 10 persen dari total pendapatan perusahaan tiap tahunnya.

Baca juga: Naik Pesat di Hari Terakhir, Wajib Pajak Orang Pribadi yang Lapor SPT Capai 10,23 Juta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2019 nilai investasi R&D Huawei mencapai 18,9 miliar dollar AS, naik 24 persen dibandingkan investasi R&D di 2018 yang sebesar 14,3 miliar dollar AS.

"Sementara di 2020 investasi R&D kami lebih dari 20 miliar dollar AS. Huawei menjadi salah satu perusahaan dengan investasi R&D terbesar," kata Maggie.

Secara khusus di Indonesia, Huawei banyak menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan utama, baik itu pemerintah, industri, maupun universitas. Targetnya untuk membangun ekosistem digital yang baik dan bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Pandemi Covid-19 memang diakui semakin mempercepat tranformasi digital di Indonesia, oleh sebab itu salah satu fokus Huawei adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.