Shopee Tak Bisa Pilih Kurir? Ini Penjelasan Manajemen

Kompas.com - 05/04/2021, 07:02 WIB
Logo Shopee yang terpampang di luar gedung Kantor Pusat Regional Shopee di Singapura, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DLogo Shopee yang terpampang di luar gedung Kantor Pusat Regional Shopee di Singapura, Kamis (17/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini media sosial sempat ramai terkait para pengguna Shopee yang tak bisa memilih jasa pengiriman alias kurir.

Jika sebelumnya pengguna bisa memilih jenis kurir sesuai dengan keinginannya, kini hanya muncul satu jenis layanan.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, semua pengguna, baik pembeli maupun penjual, masih dapat memilih jasa pengiriman sesuai dengan preferensi masing-masing.

Baca juga: Shopee Catat ada 50.000 Produk UMKM yang Terjual ke Luar Negeri Tiap Hari

Namun, dengan adanya perubahan tampilan jasa kirim di Shopee, para pengguna kurang terbiasa jika dibandingkan dengan tampilan sebelumnya.

"Untuk pemilihan kurir di Shopee, penjual dapat secara langsung memilih preferensi jasa kirim yang diinginkan melalui situs Seller Centre masing-masing. Kami dapat memastikan bahwa proses pemilihan kurir ini tidak berubah dari sebelumnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, akhir pekan lalu.

Menurut dia, perubahan tampilan jasa kirim ini dilakukan untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik, yakni dengan menampilkan pilihan jasa kirim secara otomatis setelah pengguna membeli produk, dan pembeli dapat memilih layanan pengiriman yang diinginkan dengan mudah, seperti layanan Instant, Same Day, Next Day, Reguler, Hemat, dan Kargo.

"Pada tampilan jasa kirim yang baru di aplikasi Shopee, para pembeli juga masih dapat memilih dan mengubah jasa kirim dengan mengeklik Pesanan, lalu klik Ubah Jasa Kirim," jelasnya.

Selain itu, Handika juga mengatakan, perubahan tampilan sistem jasa kirim ini tidak ada pengaruhnya dengan layanan cash on delivery (COD) yang merupakan salah satu metode pembayaran yang Shopee tawarkan kepada para pengguna.

"Jadi, layanan COD dapat diakses seperti biasa," ucap dia.

Baca juga: Ikuti Program Ekspor Shopee, Seller Lokal Ini Capai Peningkatan Penjualan 20 Kali Lipat



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X