INOV Ajak UMKM "Sulap" Limbah Plastik Jadi Produk Rumah Tangga

Kompas.com - 04/04/2021, 19:41 WIB
Ilustrasi proses pemilahan sampah plastik untuk proses daur ulang KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Ilustrasi proses pemilahan sampah plastik untuk proses daur ulang

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), bersama UMKM dan industri kreatif di Indonesia menciptakan bermacam produk dari hasil daur ulang sampah botol plastik.

Beberapa di antaranya adalah produk rumah tangga dan juga alat olah raga, seperti tas golf, cover stick golf, sepatu, sajadah, topi, tikar dan lain-lain.

PT Inocycle Technology Group merupakan emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik (PET) menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF).

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Le Minerale Gandeng Industri Daur Ulang dan Asosiasi Pemulung

 

Re-PSF merupakan inti dari beragam bahan baku industri mulai dari otomotif, konstruksi, pertanian, infrastruktur, pakaian dan peralatan rumah tangga.

Melalui anak usaha yaitu PT Plasticpay Teknologi Daurulang (Plasticpay), semua produk-produk tersebut 100 persen terbuat dari bahan dasar sampah botol plastik, yang dapat ditemukan di marketplace seperti Tokopedia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur INOV dan juga CEO PT Plasticpay Teknologi Suhendra Setiadi mengatakan, melalui Plasticpay, diharapkan dapat menciptakan mata rantai, sebagai sebuah penghubung antara informal sektor untuk mendeliver 100 persen sampah botol plastik ke recycler.

Selanjutnya, dari recycler bersama UMKM dan industri kreatif di Indonesia menciptakan produk-produk yang bernilai tinggi.

“Kami akan terus mendukung dan mendorong UMKM di Indonesia untuk menciptakan Green Product, yang juga bertujuan untuk meningkatkan circular economy di Indonesia,” kata Suhendra dalam siaran pers, Minggu (4/4/2021).

Plasticpay merupakan jembatan penghubung antara masyarakat dan recycler untuk mentransformasikan sampah botol plastik yang merusak lingkungan menjadi sebuah bentuk produk yang berkualitas.

Baca juga: Sampoerna Daur Ulang Puntung Rokok Jadi Produk Industri Rumahan

Setiap sampah botol plastik yang dikumpulkan dari Mini Collection Point (MCP) Plasticpay, akan diolah oleh INOV menjadi bahan dasar mulai dari Flakes, Polyester Staple Fiber, dan Felt yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai jenis industri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.