IDA Rekomendasikan SimilarWeb Jadi Alat Pengukuran Audiens Digital

Kompas.com - 09/04/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesian Digital Association (IDA) merekomendasikan SimilarWeb sebagai alat pengukuran audiens digital usai melakukan proses seleksi.

Rekomendasi ini diberikan IDA bersama tiga asosiasi lainnya, yakni Association of Asia Pacific Advertising Media (AAPAM), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), dan Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA).

"Pengukuran audiens merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Pengukuran audiens ini bertujuan untuk memahami perilaku konsumen agar pelaku industri dapat menyesuaikan diri dengan perilaku, gaya hidup, kebutuhan, serta keinginan konsumen," kata Chairman IDA Dian Gemiano dalam siaran pers, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Anggaran Penyediaan Akses Internet di Daerah 3T Capai Rp 17 Triliun Per Tahun

Semakin dalam dan akurat data mengenai konsumen, kata Dian, maka pelaku industri digital juga akan semakin mudah memahami perilaku konsumen untuk kemudian menentukan strategi ke depannya.

"Maka dari itu, pelaku industri digital harus memiliki alat pengukur audiens yang memiliki akurasi data, kemampuan report yang rinci dan kualitas teknologi yang mutakhir," sebutnya.

Berdasarkan penilaian, SimilarWeb unggul 18 persen dari platform pengukuran lain. Penilaian dari segi data, pelaporan, layanan, dan biaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui platform alat pengukuran audiens ini, pengguna bisa mengetahui tren pasar global dan perilaku audiens. Pengguna pun dapat mengakses data baru selang 48 jam setiap hari, mingguan, dan bulanan.

Baca juga: Kemenkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Naik 17 Persen Per Tahun

"Kami menyadari kompleksitas ekosistem digital tidak memungkinkan industri periklanan digital untuk menetapkan pengukuran audiens tunggal yang harus diikuti semua stakeholder," pungkasnya.

Sebagai informasi, SimilarWeb adalah platform market intelligence yang menyediakan insight mengenai situs web dan aplikasi ponsel.

Melalui insight tersebut, pelaku industri digital bisa merancang strategi dan membidik pangsa pasar lebih efisien.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.