Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lompatan Teknologi Indonesia

Kompas.com - 11/04/2021, 09:12 WIB
Menhub Budi Karya saat acara Pembukaan Kantor China Railway Group Limited di Indonesia pada Sabtu (10/4/2021). BKIP KEMENHUBMenhub Budi Karya saat acara Pembukaan Kantor China Railway Group Limited di Indonesia pada Sabtu (10/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menggunakan teknologi tinggi menjadi suatu lompatan yang baik bagi Indonesia.

Hal itu diungkapkannya dalam acara pembukaan kantor pusat China Railway Group Limited (CREC) di Indonesia, yang merupakan investor terbesar dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Ini lompatan tertentu bagi Indonesia dalam segi teknologi pembangunan, dari yang tadinya belum bisa, sekarang menjadi bisa. Lompatan ini hendaknya kita maknai secara baik," ujar Budi Karya dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diimpor dari China

Ia bilang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang dibangun melalui kerjasama antara Indonesia dan China.

Kerja sama proyek berteknologi tinggi ini pun perlu diikuti dengan transfer pengetahuan atau transfer knowledge antara kedua belah pihak.

Sehingga, diharapkan para pekerja di Indonesia bisa menambah pengetahuan tentang teknologi tersebut dan begitu pun sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Proses transfer knowledge ini menjadi suatu keharusan dan dijalankan secara simultan,” kata dia.

Chief Representative of China Railway Engineering Group Corporation (CREC) Zhang Wei menambahkan, pihaknya berkomitmen dalam menyelesaikan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: China Mau Tikung Jepang di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.