Erick Thohir Hingga Sri Mulyani Digugat di PN Jakpus, Ini Perkaranya

Kompas.com - 13/04/2021, 20:57 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir ketika menjelaskan konsep PT Sarinah (Persero) dalam wawancara terbatasnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/5/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri BUMN Erick Thohir ketika menjelaskan konsep PT Sarinah (Persero) dalam wawancara terbatasnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/5/2020).


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir digugat atas perbuatan melawan hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Gugatan tersebut didaftarkan nomor perkara 233/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst oleh para penggugat yang diwakili kuasa hukum Raul Gindo Cahayo.

Selain Erick Thohir, terdapat sejumlah pihak tergugat lainnya dalam perkara ini, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bank Tabungan Negara (Persero) dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Baca juga: Erick Thohir Ingin Pertashop Jadi Basis Penguatan Ekonomi Umat

Tak hanya 4 pihak yang berstatus sebagai tergugat, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga tercatat sebagai pihak yang turut tergugat dalam perkara ini.

Saat ini, terkait status perkara yang berjalan masih masuk tahap penetapan Majelis Hakim/Hakim sebagaimana tercantum dalam laman sipp.pn-jakartapusat.go.id.

Baca juga: Mengingat Menkeu RI yang Memilih Mundur: Samsi Hingga Sri Mulyani

Adapun para pihak yang tercatat sebagai para penggugat adalah Agustin Sundoro, dkk; Hendry Widjaja; Yeritza;Tjoe Rina Gama; Rusmalasari Trikadibusana; Roganda Parulian Manullang; Martamtam Samosir; Kerman Yanto; Fidelia Oey; David Wyanto; dan Agusturia IR.

Baca juga: Sri Mulyani Beberkan Modus Korupsi Saat Pandemi Covid-19

Belum jelas perbuatan melawan hukum apa yang dimaksud dalam perkara ini. Hanya saja, dalam petitumnya, para penggugat meminta majelis hakim mengabulkan gugatan seluruhnya.

Selanjutnya, penggugat juga meminta majelis hakim untuk menghukum para tergugat dan membayar segala kerugian materiil secara tanggung renteng.

Baca juga: Erick Thohir Digugat ke PN Jakarta Pusat atas Perkara Wanprestasi

Kerugian materiil yang dialami penggugat masing-masing antara lain Rp 490.792.808 (penggugat I); Rp 334.156.849 (penggugat II); Rp 327.511.643 (penggugat III); Rp 592.101.369 (penggugat IV); dan Rp 383.942.808 (penggugat V).

Sejauh ini, terkait gugatan ini belum ada tanggapan resmi dari para pihak yang tergugat, begitu juga dengan pihak yang turut tergugat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X