Kalahkan Jeff Bezos, Elon Musk Menangkan Kontrak Bangun Roket dari NASA

Kompas.com - 17/04/2021, 14:37 WIB
CEO SpaceX, Elon Musk. GETTY IMAGES via BBC INDONESIACEO SpaceX, Elon Musk.


NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan produsen roket dan peralatan luar angkasa SpaceX memenangkan kontrak dari NASA untuk memproduksi roket.

Roket tersebut nantinya akan digunakan sebagai sarana mendaratkan astronot di bulan untuk pertama kalinya sejak misi Apollo terakhir.

Dilansir dari Washington Post, Sabtu (17/4/2021) SpaceX memenangkan kontrak senilai 2,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 42,05 triliun (kurs Rp 14.500). 

Baca juga: SpaceX Dapat Pendanaan Rp 11,9 Triliun, Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk itu mengalahkan perusahaan produsen roket dan perangkat luar angkasa milik Jeff Bezos, Blue Origin.

Padahal, Blue Origin telah terlebih dahulu membentuk tim nasional melalui kerja sama dengan raksasa produsen transportasi luar angkasa, Lockheed Martin, Northrop Grumman, serta Draper.

Selain itu, SpaceX juga mengalahkan kontraktor pertahanan yang berasal dari Huntsville, Dynetics.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulanya, NASA telah memilih ketiga perusahaan pada awal kontrak, dan diproyeksi bakal memilih dua di antara ketiga perusahaan tersebut untuk membangun perangkat pendaratan yang dibutuhkan.

Di program lain, NASA telah memilih lebih dari satu jasa penyedia untuk meningkatkan iklim kompetisi dan memastikan ketersediaan cadangan bila salah satu pihak gagal menyelesaikan program.

Baca juga: Mengintip Sumber Kekayaan Elon Musk yang Hartanya Meroket Rp 1.769 Triliun dalam Setahun

NASA pun menyatakan, salah satu alasan pemilihan SpaceX lantaran kondisi anggaran yang tidak mampu mendukung, bahkan untuk satu kontrak.

Untuk itu, SpaceX pun menyesuaikan kalender anggaran mereka dengan kondisi anggaran NASA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.