Mengintip Sumber Kekayaan Elon Musk yang Hartanya Meroket Rp 1.769 Triliun dalam Setahun

Kompas.com - 07/04/2021, 19:06 WIB
Kekayaan Elon Musk terdongkrak sebesar lebih dari Rp 1,9 kuadriliun, hingga membuatnya tercatat sebagai orang terkaya di dunia awal tahun 2021.
AFP PHOTO/BRITTA PEDERSENKekayaan Elon Musk terdongkrak sebesar lebih dari Rp 1,9 kuadriliun, hingga membuatnya tercatat sebagai orang terkaya di dunia awal tahun 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah tren kenaikan nilai kekayaan orang-orang terkaya di dunia, tidak ada yang semujur Elon Musk dalam setahun ke belakang.

Pasalnya, dalam periode 12 bulan itu, nilai kekayaan Elon Musk bertambah sekitar 126,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.769,6 triliun (kurs Rp 14.000).

Dilansir dari Forbes, Rabu (7/4/2021) saat ini CEO sekaligus pendiri perusahaan produsen mobil listrik tersebut memiliki total nilai kekayaan sebesar 151 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.112.

Meroketnya nilai kekayaan Musk membawanya menduduki posisi kedua orang terkaya di dunia. Padahal tahun lalu, Musk masih berada di posisi nomor 31.

Baca juga: Saham Zoom Meroket, Pria Ini Jadi Orang Terkaya di Hong Kong

Musk menjadi orang yang peningkatan nilai kekayaannya paling besar sepanjang tahun 2021 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun lalu, nilai kekayaan Musk tercatat sebesar 24,6 miliar dollar AS.
Bila dipersentasekan, peningkatan nilai kekayaan Musk mencapai lebih dari 500 persen dalam waktu satu tahun ini.

Nilai kekayaan Musk meroket sebagian besar disebabkan oleh lonjakan harga saham Tesla yang mencapai 300 persen sejak tahun lalu. Lonjakan harga saham tersebut bahkan telah memperhitungkan penurunan harga sebesar 32 persen dari harga tertingginya sebesar 900 dollar AS per saham pada awal Januari 2021 lalu.

Tesla berhasil memenangkan hati investor dengan memperkenalkan produksi mobil baru, peningkatan pengiriman, serta mencatatkan kinerja perusahaan yang berhasil melampaui proyeksi analis. Perusahaan pun tercatat di indeks S&P 500 per Desember lalu.

Baca juga: Mobil Tesla Sekarang Bisa Dibeli dengan Bitcoin

Sumber nilai kekayaan Musk berasal dari saham Tesla yang ia miliki, yakni sebesar 21 persen. Ia memegang setidaknya sekitar 147 juta lembar saham. Selain itu, ia juga memiliki opsi kepemilikan saham berupa hibah sebesar 56 juta saham.

Opsi kepemilikan saham tersebut diberikan lantaran Tesla mencetak pencapaian kinerja baru sepanjang tahun 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.