Ekspor Melejit, Sri Mulyani Nilai Daya Saing Produk RI Meningkat

Kompas.com - 20/04/2021, 12:32 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja ekspor Indonesia pada Maret 2021 mencapai 18,35 miliar dollar AS, atau tumbuh sebesar 30,74 persen secara tahunan. Nilai ekspor didominasi oleh ekspor non-migas sebesar 17,4 miliar dollar AS.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kinerja ekspor yang impresif itu menunjukkan pemulihan ekonomi yang kuat setelah terhantam pandemi Covid-19.

Kinerja ekspor juga dinilai menggambarkan adanya pertumbuhan daya kompetisi produk-produk non-migas yang diekspor Indonesia.

"Ini menunjukkan kondisi perekonomian kita mampu untuk terus meningkatkan produk-produk non migas yang menembus pasar dunia," kata Sri Mulyani dalam Konferensi 500.000 UMKM Baru secara daring, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Bank Sentral Inggris Buka Kemungkinan Terbitkan Mata Uang Digital

Bendahara negara itu menyebut, pencapaian ekspor yang impresif merupakan hasil dari sebuah ekosistem ekspor nasional. GPEI sebagai asosiasi pengusaha ekspor dianggap memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja ekspor.

Memang menurut wanita yang akrab disapa Ani ini, suksesnya ekspor sebuah negara tidak tergantung pada satu pihak, yakni pemerintah. Namun lebih bergantung pada peranan private sector dan berbagai elemen pendukungnya.

"Jadi para pengusaha ekspor dapat lebih terintegrasi dan bersinergi melalui wadah GPEI. Dan menciptakan serta menjaga agar para pengusaha bisa saling mendukung menjadi ready and capable for export," ungkap Ani.

Ani mengungkapkan, peran asosiasi di dalam lingkungan industri ini juga penting dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan ekspor menembus pasar global.

Baca juga: Seminggu Puasa, Bagaimana Harga Telur, Daging Ayam, dan Cabai Secara Nasional?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X