Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Kiat Mengatur Keuangan selama Ramadhan

Kompas.com - 22/04/2021, 06:06 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Dalam menjalani ibadah pada bulan ramadan, kita mesti siap menyiapkan diri secara matang --baik secara mental, fisik maupun batin.

Selain itu, tentu saja, kita juga harus menyiapkan anggaran selama bulan puasa dan lebaran.

Banyak orang beranggapan saat bulan puasa pengeluaran akan berkurang, tapi kenyataannya kita harus mengeluarkan banyak anggaran selama bulan puasa dan persiapan ramadan.

Namun, kita juga mesti tahu: mana berhemat dan mana mesti beririt dalam mengelola keuangan. Adakah cara-cara yang bisa dilakukan agar pengeluaran tidak boros selama ramadhan?

1. Kakeibo, Tren Menabung Orang Jepang yang Bisa Dipraktikkan di Bulan Ramadhan

Kakeibo merupakan gaya menabung orang di negeri Sakura yang banyak contoh oleh orang di seluruh dunia. Tren menabung ini dianggap sangat efektif untuk menabung.

Kakeibo sendiri diartikan sebagai "buku rekening untuk ekonomi rumah tangga".

Metode ini, tulis Kompasianer Irhamna Mjamil, pertama kali diperkenalkan oleh jurnalis Jepang, Hani Matoko di tahun 1904.

Lantas, bagaimana caranya agar keuangan tak bocor saat bulan ramadhan?

Dalam hidup ada pengeluaran tetap dan ada juga hanya sekedar keinginan. Pengeluaran tetap seperti kebutuhan untuk listrik, biaya pendidikan, biaya perawatan kulit, harus dicatat serinci mungkin.

"Mencatat semua pengeluaran dapat membantu kita melihat berapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulan," tulis Kompasianer Irhamna Mjamil. (Baca selengkapnya)

2. Tip Mengatur Keuangan Saat Ramadan ala Anak Perantauan

Hidup di perantauan jika tidak pandai mengatur keuangan selama Ramadan, pulang kampung harus mengutang. Begitulah nasib perantau ketika bulan ramadhan.

Merantau jauh dari kampung halaman yang pernah Kompasianer Muhammad Nauval lakukan ketika itu dengan harapan ketika pulang kampung nanti bisa banyak uang.

"Nyatanya, menghemat uang ketika di perantauan tidaklah semudah yang dipikirkan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini," tulisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com