Stimulus Pemerintah Mulai PPN hingga LTV Bakal Dongkrak Kinerja Lippo Karawaci Tahun Ini

Kompas.com - 22/04/2021, 18:35 WIB
Salah satu properti yang dibangun Lippo Karawaci lippohomesSalah satu properti yang dibangun Lippo Karawaci

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk pada kuartal I 2021, membukukan penjualan sebesar Rp 1,31 triliun atau melesat 86 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, sebesar Rp 703 miliar.

Penjualan pada kuartal I 2021 tersebut didorong oleh klaster rumah tapak segmen kelas menengah yang mewakili 63 persen dari total penjualan.

Meningkatnya penjualan tersebut bersumber dari peresmian proyek perumahan tapak Cendana Icon di Lippo Village sebesar lebih dari 50,6 persen.

Baca juga: BI Longgarkan LTV Kredit Properti dan Kendaraan Bermotor, Ini Besarannya

LPKR mengklaim bahwa sejak diluncurkannya Perumahan Cendana Icon merupakan penjualan tertinggi dalam satu hari selama lebih dari 20 tahun.

Selain itu, insentif perpajakan dari pemerintah di sektor properti berupa relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan mendorong kinerja LPKR pada semester II tahun ini.

"Secara umum, emiten properti mendapatkan faktor positif dari sejumlah kebijakan pemerintah, seperti pelonggaran loan to value (LTV) dan pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai," ujar Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama melalui keterangan tertulis, Kamis (22/4/2021).

Nafan memperkirakan, pertumbuhan ekonomi akan mulai positif pada kuartal II 2021.

Dengan demikian, akan mendongkrak kinerja emiten properti termasuk LPKR.

Baca juga: LPKR-Siloam Hospitals Sepakat Perpanjang Masa Sewa hingga Tahun 2035

Ia juga memprediksikan, LPKR mampu mencapai target penjualan sebesar Rp 3,5 triliun pada tahun ini.

Dia pun merekomendasikan akumulasi saham LPKR dengan target harga Rp 274.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X