Ekspor Non-Migas Maret 2021 Capai 17,45 Miliar, Mendag: Ini Tertinggi dalam Sejarah

Kompas.com - 06/05/2021, 05:17 WIB
Ilustrasi kontainer di pelabuhan. SHUTTERSTOCKIlustrasi kontainer di pelabuhan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi mengatakan, total nilai ekspor non-migas yang dicapai pada Maret 2021 mencapai 17,45 miliar dollar AS.

Angka ini diklaim tertinggi dalam sejarah Indonesia. Pertumbuhan ekspor non-migas dari Januari-Maret 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 17,4 persen yang dimana nilainya mencapai 46,25 miliar dollar AS.

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020, ekspor non-migas hanya 39,49 miliar dollar AS," ungkapnya ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: India Dilanda "Tsunami" Covid-19, Mendag: Tidak Ada Kendala Ekspor dan Impor

Mendag mengakui bahwa dari sisi impor juga mengalami hal serupa yang dimana pertumbuhannya sebesar13,06 persen atau sebesar 38,25 miliar dollar AS.

Dia berpendapat angka ini bisa tercapai lantaran didorongnya akan bahan baku yang bagus, serta bahan penunjang dan bahan modal yang berkualitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.