Ada Larangan Mudik, Konsumsi Listrik Saat Lebaran Diprediksi Naik

Kompas.com - 08/05/2021, 05:00 WIB
Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya saat pemeriksaan kesiapan alat kelistrikan jelang Ramadhan 1442 H di halaman PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Senin (12/4/2021). Siaga pasokan listrik di PLN UID Jakarta Raya didukung dengan kekuatan 2371 personel siaga, 16 Posko Siaga, 6 unit mobil deteksi, 17 unit gardu bergerak, 4 unit kabel bergerak, 6 unit Uninterruptable Power Supply (UPS), dan 20 unit Power Bank PLN. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGDoddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya saat pemeriksaan kesiapan alat kelistrikan jelang Ramadhan 1442 H di halaman PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Senin (12/4/2021). Siaga pasokan listrik di PLN UID Jakarta Raya didukung dengan kekuatan 2371 personel siaga, 16 Posko Siaga, 6 unit mobil deteksi, 17 unit gardu bergerak, 4 unit kabel bergerak, 6 unit Uninterruptable Power Supply (UPS), dan 20 unit Power Bank PLN.

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memprediksi konsumsi listrik di Lebaran tahun 2021 ini akan meningkat. Hal ini sejalan dengan adanya larangan mudik Lebaran oleh pemerintah.

General Manager PLN Disjaya Doddy B Pangaribuan mengatakan, konsumsi listrik pada hari pertama Lebaran 2021 diperkirakan mencapai 3.103 Megawatt (MW). Pada tahun sebelumnya, konsumsi listrik di periode tersebut hanya 3.038 MW.

"Kita melakukan proyeksi Hari H lebaran kita proyeksikan naik sekitar 2 persen. Dengan beban beban puncak hari pertama, 3.103 MW," ujar Doddy, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: PLN akan Bangun Pembangkit EBT Setelah Program 35.000 MW Selesai

Doddy menambahkan, pada hari kedua Lebaran konsumsi listrik terbesar diprediksi mencapai 3.074 MW. Di tahun sebelumnya jumlah beban puncak listrik di periode tersebut hanya 3.009 MW.

"Jadi itu yang kami proyeksikan. Kalau rinciannya, 13 Mei mencapai 3.103 MW, naik 2 persen dari 3.038 tahun lalu. Di 14 mei 3.009 MW, tahun ini kita proyeksikan 3.074 MW atau naik 2 persen," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Pasang Listrik Baru via PLN Mobile: Cukup Klik, Petugas Datang

Doddy pun memastikan pasokan listrik di Hari Raya Idul Fitri di tahun ini akan aman. Pihaknya sudah menyiapkan petugas di lapangan untuk memastikan keamanan dan kelancaran pasokan listrik.

 

"Kami siap dengan seluruh dengan seluruh resource (PLN Disjaya) yang ada," ungkapnya.

Baca juga: Diskon Tarif Listrik Dipangkas, Ini Langkah PLN Agar Pelanggan Tidak Kaget



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X