Membagi Biaya Pernikahan dengan Pasangan, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 08/05/2021, 04:05 WIB
Ilustrasi pernikahan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pernikahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernikahan adalah peristiwa besar dalam hidup manusia. Banyak yang ingin merayakannya agar bisa menjadi kenangan indah sekali seumur hidup.

Namun, seringkali masalah finansial menjadi pemicu perbedaan pendapat bahkan tak jarang juga menjadi penghambat.

Ada budaya yang membiasakan biaya pernikahan untuk ditanggung lebih besar oleh calon pengantin pria dan ada juga pengantin wanita hanya menambah atau menutupi kekurangannya.'

Baca juga: Bujet Terbatas, Ini 8 Cara Memangkas Biaya Pernikahan

Lantas, bolehkah calon pengantin membagi beban biaya pernikahan?

Mengutip dari siapnikah.org, Sabtu (8/5/2021), berikut adalah penjelasannya.

Sebenarnya sah-sah saja ketika kamu ingin membagi biaya pernikahan, asal kuncinya adalah semua harus didiskusikan di depan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hitung Biaya Kebutuhan

Untuk mengetahui berapa kebutuhan biaya pernikahan yang perlu kamu kumpulkan, mulailah untuk menyusun perencanaan. Mulai dari kamu ingin menikah di rumah atau di gedung, mengundang berapa orang, konsep acara seperti apa, dan lain sebagainya.

Besar kecilnya biaya akan sangat relatif bergantung pada seperti apa konsep seremoni pernikahan yang kamu inginkan, di mana resepsi digelar, berapa orang yang ingin kamu undang, dan lain sebagainya.

Dari sana kamu akan mengetahui berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan sehingga bisa memulai menabung sesegera mungkin. Karena tidak ada standar angka berapa besar tabungan yang dibutuhkan untuk menikah.

Diskusi

Diskusikan dengan pasanganmu tentang biaya pernikahan yang kalian impikan. Di masa kini, berbagi biaya pernikahan adalah hal yang wajar. Kamu tak perlu malu untuk mengutarakannya.

Baca juga: 7 Langkah Menghemat Biaya Pernikahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X