Kompas.com - 23/04/2021, 03:00 WIB
Ilustrasi pernikahan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pernikahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tips meminimalkan biaya pernikahan biasanya akan dicari oleh calon pasangan pengantin yang akan menikah.

Sebab, saat ini tidak dipungkiri biaya pernikahan dapat menelan anggaran yang cukup besar.

Meski setiap orang ingin melakukan yang terbaik di momen berharga ini, tetapi mewujudkannya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Padahal bagi pengantin baru, masih akan ada biaya-biaya lain yang sudah menunggu setelah menikah. Misalnya, membeli rumah atau perabotannya dan juga perencanaan memiliki buah hati.

Baca juga: Biaya dan Syarat Nikah Terbaru di KUA Tahun 2021

Sehingga, dana yang ada sebaiknya tidak dihabiskan hanya untuk biaya pernikahan saja. Lantas, apa saja tips meminimalisir biaya pernikahan?

Dirangkum dari Huffpost, Bridal Guide, dan Singapore Brides, berikut adalah tips meminimalisir biaya pernikahan:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kurangi dan batasi jumlah undangan

Tips nikah murah yang pertama adalah dengan membatasi jumlah tamu undangan. Sebab, semakin sedikit tamu yang diundang tentunya akan semakin menghemat biaya suvenir, undangan, dan makanan.

Selain itu, juga berdampak terhadap lokasi pernikahan sehingga tidak perlu menyewa tempat dengan kapasitas yang banyak. Undanglah keluarga, kerabat, dan teman dekat saja.

2. Kertas undangan

Biaya untuk mencetak undangan pernikahan juga bisa diminimalkan dengan menggunakan kertas dan desain yang sederhana saja. Bukan menggunakan kertas undangan yang tebal dan mewah.

Sebab, mayoritas tamu undangan juga tidak akan terlalu memperhatikan desain dan bahan kertas undangan karena mereka tidak akan menyimpannya. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan undangan digital sehingga tidak diperlukan biaya banyak untuk mencetak undangan.

Baca juga: Tepatkah Mengajukan Utang untuk Mewujudkan Pesta Pernikahan?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.