Kompas.com - 08/05/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi e-commerce Shopee. Dok. Shutterstock / Sulastri SulatstriIlustrasi e-commerce Shopee.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang aktif di media sosial seperti Instagram, YouTube hingga TikTok dan memiliki lebih dari 10.000 followers bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Shopee Affiliates Program.

Program ini menawarkan penghasilan tambahan untuk influencers yang mempromosikan produk-produk Shopee di media sosialnya masing-masing.

Shopee pun memberikan kebebasan untuk berkreasi dalam pembuatan konten selama produk-produk tersebut memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Shopee Affiliates, Cara Baru Hasilkan Uang lewat Media Sosial

Lalu, apa saja keuntungan mengikuti Shopee Affiliates Progam?

Mengutip laman resmi perusahaan, berikut keuntungan mengikuti Shopee Affiliates Program:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Punya kebebasan dalam memilih dan mempromosikan produk sebagai konten.
  • Memiliki fleksibilitas berkarya di channel media sosial, tanpa kontrak eksklusif yang mengikat.
  • Proses mudah dan sederhana dengan hanya menyebarkan referral link untuk mulai mendapatkan komisi.
  • Komisi akan dihitung dari harga produk yang terjual. Dapatkan komisi 10 persen untuk pengguna baru dengan batas maksimum Rp10.000 dan 3 persen untuk pengguna lama dengan batas maksimum Rp10.000 untuk setiap transaksi dengan mempromosikan link produk di media sosialmu.
  • Pembayaran transparan sesuai dengan performa, bergantung pada jumlah pembelian dan referral link.

Contoh Perhitungan Komisi

Jika Anda berhasil menggaet pengguna baru untuk berbelanja sebuah produk di Shopee, maka akan mendapatkan komisi sebesar 10 persen dari harga barang yang dibeli.

Misalnya, Anda berhasil mengajak 20 orang pengguna baru untuk membeli produk seharga Rp 100.000 di Shopee, maka akan mendapat komisi sebesar Rp 200.000. Cara menghitungnya Rp 100.000 dibagi 10 persen lalu dikali 20.

Kemudian, jika Anda berhasil menarik minat dari pengguna lama Shopee untuk membeli barang yang dipromosikan, maka akan mendapat komisi 3 persen dari produk yang dibeli.

Misalnya, Anda berhasil mengajak 10 orang pengguna lama untuk membeli produk seharga Rp 100.000 di Shopee, maka akan mendapat komisi sebesar Rp 30.000. Cara menghitungnya, Rp 100.000 dibagi 3 persen dikali 10.

Baca juga: Simak, Syarat dan Cara Daftar Driver ShopeeFood Terbaru 2021

Mekanisme Pendaftaran Shopee Affiliates Program

  • Daftarkan diri sebagai affiliates berbayar dalam Program Afiliasi Shopee. Untuk mendaftar Anda bisa langsung mengunjungi laman affiliate.shopee.co.id.
  • Setelah resmi terdaftar, pilih produk yang ingin kamu review atau promosikan di akun media sosial. Pastikan agar produk yang kamu pilih merupakan produk dari toko Star atau Shopee Mall.
  • Dapatkan custom link produk yang bisa kamu gunakan untuk produk ulasan. Link tersebut bisa kamu dapatkan dari platform Shopee Affiliates Program pada bagian Tautan Khusus setelah melakukan pendaftaran.
  • Sebarkan custom link tersebut melalui media sosialmu. Misalnya, kamu bisa menyebarkan link tersebut melalui description box di YouTube, bio atau swipe up link Instagram, dalam postingan Facebook, atau kolom komentar, floating text, atau caption TikTok.
  • Terima pembayaran komisi untuk setiap pembelian yang dibuat melalui custom link kamu. Komisimu akan dibayarkan setiap minggu kedua dan keempat setiap bulannya.

Dengan mengikuti Shopee Affiliates Program ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang tengah mencari penghasilan tambahan.

Baca juga: Besaran Gaji Kurir Shopee Express 2021 dan Cara Mendaftarnya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.