Cuitan Elon Musk Kembali Bikin Harga Bitcoin Anjlok ke Kisaran Rp 624 Juta

Kompas.com - 17/05/2021, 08:38 WIB
Kekayaan Elon Musk terdongkrak sebesar lebih dari Rp 1,9 kuadriliun, hingga membuatnya tercatat sebagai orang terkaya di dunia awal tahun 2021.
AFP PHOTO/BRITTA PEDERSENKekayaan Elon Musk terdongkrak sebesar lebih dari Rp 1,9 kuadriliun, hingga membuatnya tercatat sebagai orang terkaya di dunia awal tahun 2021.

NEW YORK, KOMPAS.com - Bos pabrikan mobil listrik Tesla, Elon Musk, membuka opsi untuk menjual sisa kepemilikan bitcoin miliknya. Hal ini diungkapkan Musk di akun Twitter.

Pernyataan Musk membuat harga bitcoin kian anjlok. Teranyar, mata uang kripto itu merosot 8 persen menjadi sekitar 44.000 dollar AS atau Rp 624 juta (kurs Rp 14.200 per dollar AS).

Pernyataan bermula ketika salah seorang pengguna Twitter @CryptoWhale mengatakan, para pemilik bitcoin (bitcoiner) akan menampar diri di kuartal berikutnya ketika Tesla membuang sisa kepemilikan bitcoin.

Baca juga: Bitcoin hingga Dogecoin Terjun Bebas, Ini 10 Aset Kripto Paling Cuan Dalam Sepekan

Cuitan itu lantas dibalas Musk dengan kalimat mengiyakan.

"Benar," sebut Musk dalam akun Twitternya.

Potensi dijualnya bitcoin milik Tesla muncul selang beberapa hari ketika Musk berjanji bahwa perusahaan berencana menahan daripada menjual bitcoin yang sudah dimilikinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia bahkan menyatakan, akan menggunakan bitcoin untuk transaksi segera setelah transisi penambangan bitcoin berubah ke energi yang lebih berkelanjutan, bukan energi fosil.

Sebelumnya, Musk telah menjadi pendukung besar mata uang kripto, sehingga menjadi salah satu pendorong tingginya harga koin digital, termasuk bitcoin, beberapa kali dalam setahun terakhir.

Dalam pengajuan SEC pada bulan Februari lalu, Tesla mengungkapkan bahwa mereka membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS.

Perusahaan kemudian mengatakan mencatat keuntungan bersih 101 juta dollar AS dari penjualan bitcoin selama kuartal tersebut, membantu meningkatkan laba bersihnya ke rekor tertinggi pada kuartal pertama.

Namun, Musk tampaknya telah berbalik arah dalam beberapa minggu terakhir. Musk mendukung dogecoin, sebuah mata uang kripto bergambar anjing yang terinspirasi dari meme, alih-alih bitcoin.

SpaceX, pada minggu lalu mengumumkan akan menerima dogecoin sebagai pembayaran untuk meluncurkan 'misi DOGE-1 ke Bulan.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Aset Kripto

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.