Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengelola Banyak Bisnis agar Sukses Maksimal

Kompas.com - 17/05/2021, 15:40 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki banyak usaha adalah salah satu cita-cita banyak orang. Sebab pendapatannya tidak berasal hanya dari satu sumber saja.

Namun tidak semua orang juga yang bisa menjalankan banyak usaha sekaligus. Apalagi jika jenis usaha yang dimiliki beragam.

Mengutip dari Entrepreneur, Senin (17/5/2021), berikut 5 Cara mengelola banyak usaha agar bisa sukses maksimal.

1. Jangan punya favorit

Jangan pernah terlalu fokus pada satu bisnis jika itu akan merugikan bisnis lain dan nilainya sama. Kebangkitan usaha kedua Anda seharusnya tidak menyebabkan jatuhnya usaha pertama Anda dan sebaliknya.

Baca juga: Viral Ibu-ibu Maki Kurir, Bagaimana Sebenarnya Sistem COD di Olshop?

Sangat penting untuk mengalihkan waktu, tenaga dan perhatian ke semua usaha Anda, berdasarkan urgensi dan profitabilitas yang tulus, daripada manajemen preferensial dan percikan inspirasi acak.

2. Satukan semuanya saat Anda bisa

Sifat menjalankan dua bisnis adalah Anda selalu ditarik ke arah yang berbeda. Kapan pun usaha Anda dapat dikumpulkan untuk suatu proyek atau salah satu dapat membantu atau merujuk yang lain, manfaatkan peluang tersebut. Bisnis kedua adalah sumber daya yang harus digunakan setiap pemilik dengan bijak.

3. Luruskan prioritas Anda

Untuk mengoperasikan banyak organisasi pada saat yang sama, Anda harus memiliki prioritas yang teratur, dan saat kewajiban baru muncul, tentukan apa yang perlu Anda perhatikan. Ini dua kali lebih penting ketika Anda memiliki dua kali lipat jumlah tanggung jawab dan waktu terbatas.

Kemampuan untuk memprioritaskan tugas mana yang lebih penting sangat penting untuk kelangsungan dan kesuksesan bisnis Anda.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, Jasa Marga Catat 200.450 Kendaraan Kembali ke Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com