Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek-Tokopedia Merger, Driver Gojek Bisa Dapat Pendapatan Lebih Besar

Kompas.com - 17/05/2021, 14:13 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah merger Gojek dan Tokopedia dengan membentuk Grup Goto disebut akan berdampak positif terhadap mitra kedua platform tersebut.

CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan, penggabungan antara platform berstatus decacorn dan unicorn itu akan memberikan layanan pengiriman cepat dengan jangkauan luas untuk berbagai layanan digital.

Hal tersebut pun diyakini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para mitra, termasuk driver ojek online Gojek ataupun mitra usaha (merchant) Tokopedia.

"Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya," tutur Andre dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Resmi Merger, Gojek dan Tokopedia Bentuk Grup GoTo

Tercatat sampai dengan akhir tahun 2020, Grup GoTo memiliki lebih dari 2 juta mitra driver terdaftar dan lebih dari 11 juta merchant, dengan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 100 juta.

Presiden GoTo Patrick Cao menyebutkan, model bisnis perusahaan akan semakin beragam, stabil, dan berkelanjutan ke depannya.

Bermodalkan transaksi platform Gojek yang memiliki volume dan frekuensi yang tinggi, dengan platform e-commerce Tokopedia yang memiliki frekuensi medium, namun dengan nilai transaksi tinggi, GoTo akan berkontribusi lebih besar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

"Grup GoTo akan berkontribusi lebih dari 2 persen kepada total PDB Indonesia dan akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis kami dan bertumbuhnya ekonomi," ucap Patrick.

Baca juga: Mengenal Grup GoTo, Perusahaan Gabungan Gojek dan Tokopedia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com